Home > Berita > Riau

Waduh... Jumlah Titik Panas dan Titik Api di Riau Semakin "Membludak"

Waduh... Jumlah Titik Panas dan Titik Api di Riau Semakin Membludak

Ilustrasi.

Jum'at, 26 Februari 2016 08:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jumlah titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau Jumat (26/2/2016) pagi ini semakin membludak. Hasil penghitungan via satelit Terra dan Aqua mencatat sekitar 15 titik panas yang menyebar di empat kabupaten di negeri Lancang Kuning.

Satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Jumat pagi menghitung ada 15 titik panas di Riau, di antaranya Bengkalis 11 titik, Siak dua titik, Pelalawan dan Kabupaten Kepulauan Meranti masing-masing satu titik panas.

Hotspot ini meningkat bila dibanding pada pantauan Kamis sore kemarin, dimana hanya ada 12 titik panas (hotspot). Tidak hanya itu, peningkatan juga terjadi untuk titik api dengan level confidence (kepercayaan) di atas 70 persen. Sedikitnya satelit menghitung ada 13 titik api di Riau.

"Ada 13 titik api, menyebar di Bengkalis sembilan titik, Siak dua titik dan Pelalawan serta Kepulauan Meranti (masing-masing) satu titik," ujar Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin, Jumat pagi.

Sedangkan di Sumatera, satelit Terra dan Aqua mendeteksi ada sekitar 47 hotspot yang terdapat di Aceh sebanyak 16 titik, Sumatera Selatan 12 titik, Bengkulu dua titik, Lampung dua titik dan Riau sendiri ada 15 titik panas.

"Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata yang dapat disertai petir terjadi di wilayah Riau bagian barat dan tengah pada siang atau sore dan malam hari," singkatnya. ***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Umum, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww