Home > Berita > Rohul

Pemalsu Identitas Ditangkap di Rohul, Ditemukan 14 Stempel Kades dan Camat

Pemalsu Identitas Ditangkap di Rohul, Ditemukan 14 Stempel Kades dan Camat

Pelaku pemalsu identitas, Lister Situmorang.

Jum'at, 26 Februari 2016 09:01 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satuan Intelkam Polres Rohul, Riau berhasil membongkar pemalsuan identitas. Pelaku adalah Lister Situmorang (56) yang merupakan seorang pendeta.

Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menyebutkan tersangka ditangkap saat berada di Kantor Dinas Catatan Sipil Kabupaten Rohul.

"Saat ini tersangka sudah ditahan pihak Polres Rohul," kata Guntur, Kamis (25/2/2016).

Menurut Guntur, tersangka merupakan seorang calo identitas. Lister mengaku bisa membuat surat identitas warga seperti Akta Nikah, Kartu Keluarga (KK), KTP dan Akta Lahir. Setelah diperiksa, dokumen untuk identitas itu palsu.

Untuk meyakinkan para korbannya, pelaku mengaku memiliki jaringan di Dinas Catatan Sipil Pemkab Rohul. Namun ternyata itu semua palsu, dia mencetak dan membuat sendiri KTP, KK, dan akta.

Dari pemeriksaan di tas tersangka, polisi menemukan barang bukti 14 stempel dengan nama 14 kepala desa (Kades) dan camat di Rohul. Kemudian surat keterangan dari klinik. Selain itu petugas juga mengamankan sejumlah kitab suci

"Kemudian ditemukan juga 12 lembar permohonan KTP warga Indonesia (formulir kosong) yg telah ditandatangani dan diberikan cap atau stempel camat dan kades. Tetapi itu semuanya itu sudah dipalsukan," ucapnya.

Dari bisnis haramnya itu, tersangka Lister mengenakan tarif berbeda. Untuk pembuatan KK, Akta Kelahiran dan Akta Nikah dikenakan masing-masing biaya Rp200.000. Sementara untuk KTP dikenakan biaya Rp100.000.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Rohul, Hukrim
Sumber:Okezone.com
wwwwww