Home > Berita > Rohil

Polisi dan MPA Terpaksa Berjibaku Selama 12 Jam Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Mumugo, Rohil

Polisi dan MPA Terpaksa Berjibaku Selama 12 Jam Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Mumugo, Rohil

Ilustrasi.

Senin, 22 Februari 2016 22:15 WIB

ROHIL, POTRETNEWS.com - Aparat Kepolisian Resot (Polres) Rokan Hilir bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) selama 12 jam berjibaku menjinakkan api yang membakar lahan gambut di kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir (Rohil), Riau,  persisnya di Simpang PT di Kepenghuluan Mamugo, Tanah Putih, Sabtu (20/2/2016) lalu.

Sulitnya api dipadamkan karena lahan tanaman kelapa sawit itu memiliki kedalaman gambut delapan meter dan api membakar sampai satu setengah hektar. Sehingga polisi dan masyarakat harus bekerja keras melakukan upaya pemadaman.

"Oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab masih saja melakukan pembakaran, meskipun sudah banyak pelaku yang sudah ditahan dan diproses hingga ke pengadilan. Tapi masih terjadi di wilayah hukum Polsek Tanah Putih, Sabtu (21/2/16) pukul 15.00 WIB," kata Kapolres Rokan Hilir, AKBP Subiantoro SH SIK, melalui Kapolsek Tanah Putih Kompol Maison SH didampingi Kasubbag Humas Polres Aiptu YP Cherry, Senin (22/2).

Sore itu pemadaman dilakukan 17 orang anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) bersama-sama dengan sepuluh orang personil Polsek Tanah Putih, dipimpin langsung Kapolsek Tanah Putih Kompol Maison SH.

Pemadaman sendiri, kata Kapolsek, dilakukan di lokasi mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dengan melakukan penyiraman di lokasi kebakaran lahan menggunakan tiga unit mesin pompa air. Namun, pada pukul 23.00 WIB api muncul kembali dan baru dapat dipadamkan pada Minggu (21/2) pukul 03.00 WIB.

“Saat ini telah kita ketahui bahwa pemilik lahan berinisial PG (48) warga Dumai. Di lokasi itu telah kita pasang police line dan selanjutya pemilik lahan akan kita panggil untuk dilakukan pemeriksaan guna penyidikan kasus kebakaran lahan yang terjadi di lahan kebun kelapa sawit miliknya," kata kapolsek. (fad/RP)

(Wawan Setiawan)
Sumber:Riaupos.co
wwwwww