Awas, Pupuk Palsu Beredar di Riau..! Bahan Baku Didatangkan dari Aceh, Dioplos di Deli Serdang-Sumut

Awas, Pupuk Palsu Beredar di Riau..! Bahan Baku Didatangkan dari Aceh, Dioplos di Deli Serdang-Sumut

Praktik pengoplosan pupuk bersubsidi menjadi nonsubsidi di Kabupaten Deli Serdang, yang berhasil diungkap aparat Polda Sumatera Utara, Minggu (21/2/2016) siang.

Minggu, 21 Februari 2016 20:14 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara, berhasil mengungkap praktik pengoplosan pupuk bersubsidi menjadi nonsubsidi di Dusun VII, Desa Kota Rantang, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (21/2/2016) siang. Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Ahmad Haydar mengatakan, dalam praktiknya, pelaku terlebih dahulu mencampur pupuk bersubsidi yang berwarna merah jambu dengan zat kimia khusus, kemudian dijemur hingga pupuk tersebut berubah menjadi warna putih.

"Setelah dicampur zat kimia khusus, pupuk bersubsidi yang ciri khasnya berwarna merah jambu selanjutnya dijemur sekira satu atau dua hari hingga berubah menjadi warna putih, sesuai dengan ciri khas pupuk nonsubsidi,” ujarnya.

Ditambahkan, setelah pupuk tersebut menyerupai pupuk nonsubsidi, pelaku lalu memasukkan pupuk tersebut ke dalam karung nonsubsidi yang sudah disediakan sebelumnya dan kemudian ditimbang. Setelah itu, lanjutnya, pelaku kemudian mengemas pupuk itu sesuai dengan kemasan nonsubsidi. Selanjutnya, pupuk tersebut dijual ke daerah Pekanbaru, Riau. Sedangkan bahan bakunya didatangkan dari Aceh

"Saat ini masih dilakukan pengembangan penyelidikan untuk mengembangan ke pemilik praktik pengoplosan ini. Kami sudah memeriksa supir berinisial S dan kernetnya yang diamankan dari lokasi,” ujarnya. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Hukrim, Riau
Sumber:Waspada.co.id
wwwwww