Keren… Berlokasi di Tepi Jalan Lintas Sumatera, Bupati Siak Resmikan Mesjid Megah yang Bisa Menampung 1.200 Jemaah

Keren… Berlokasi di Tepi Jalan Lintas Sumatera, Bupati Siak Resmikan Mesjid Megah yang Bisa Menampung 1.200 Jemaah

Bupati Siak H Syamsuar menandatangani prasasti Mesjid Sultan Yahya Abdul Jalil Muzaffarsyah di Kecamatan Minas. (foto: humas pemkab siak).

Sabtu, 20 Februari 2016 19:52 WIB
SIAK SRI INDRAPURA, POTRETNEWS.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi meresmikan Mesjid Sultan Yahya Abdul Jalil Muzaffarsyah di Kecamatan Minas, Sabtu (20/2/2016). Mesjid yang di lahan 2,5 hektar dengan bangunan seluas 1.584 meter persegi itu dapat menampung sekira 1.200 jemaah. Pembangunan mesjid ini bagian dari Visi Misi Kabupaten Siak dalam Mewujudkan Masyarakat yang Agamis dan Berbudaya Melayu, yang selama kepemimpinan Syamsuar telah diprogramkan pembangunan mesjid di setiap kecamatan.

Bupati mengatakan, sebagai tempat ibadah, mesjid juga memiliki fungsi stategis dalam penyebaran agama Islam. Selain itu, mesjid juga salah satu tempat untuk belajar manajemen keuangan, karena sistem keuangan mesjid selalu transparan sebab setiap hari dan setiap minggu selalu ada laporan keungannya.

"Sejak tahun 2011 sampai 2015 Pemkab Siak sudah membangun enam mesjid dan musala di Kecamatan Siak, Mempura, Minas, Kandis dan Lubuk Dalam. Tentunya seiring dengan pertumbuhan mesjid ini, sebagai umat muslim kita wajib meramaikan dan memakmurkan mesjid," katanya.

Mesjid yang dibangun di Km 6 Kecamatan Minas ini, lanjut bupati, sengaja ditempatkan di tepi jalan nasional Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. Tentunya, pembangunan mesjid ini lebih resprefentatif yang melambangkan Kabupaten Siak identik dengan Islam.

"Selain lokasinya juga bisa digunakan tempat persinggahan, nama Sultan Siak ke-6 yakni Sultan Yahya Abdul Jalil Muzaffar Syah ditabalkan menjadi nama mesjid ini," ucapnya.

Turut hadir dalam peresmian masjid ini Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Anggota DPRD Siak dapil Minas, Kapolsek Minas, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala DPPKAD, kabag kesra, Ketua MUI Siak, Camat Minas, Kepala UPTD dan Lurah se-Kecamatan Minas. (rls)

(Mukhlis)
Kategori : Pemerintahan, Umum, Siak
wwwwww