Peringatan K3 di Pekanbaru, Ingatkan Semua Instansi Pentingnya Keselamatan Kerja

Rabu, 17 Februari 2016 11:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi memimpin Upacara Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kota Pekanbaru di halaman kantor wali kota Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (17/2/2016) pagi. Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri melalui pidato yang dibacakan, wakil wali kota mengucapkan selamat memperingati Hari K3 diiringi harapan semoga seluruh instansi, perusahaan dan sekolah senantiasa menerapkan K3 di setiap kegiatan yang dilakukan menuju zero accident (kecelakaan nihil).

Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu secara resmi mencanangkan pelaksanaan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2016. Pencanangan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pengawasan ketenagakerjaan di Indonesia.

Upacara ini menandai dimulainya pelaksanaan bulan K3 Nasional Tahun 2015 yang diselenggarakan secara serentak di perusahaan-perusahaan seluruh Tanah Air, termasuk Riau.

Dikatakan, peringatan Hari K3 Nasional yang mengambil tema ”Melalui Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Kita Wujudkan Indonesia Berbudaya K3 dalam Menghadapi Perdagangan Bebas” sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3.

Menurut Ayat mengutip pernyataan Menteri Hanif, pelaksanaan kegiatan K3 tidak hanya menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja serta orang lain yang berada di tempat kerja, tetapi juga bagaimana kita dapat mengendalikan risiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3, maka upaya yang paling tepat dalam menerapkan K3 adalah melalui penerapan sistem yaitu sistem manajemen K3 sebagaimana amanat Pasal 87 Undang-Undang No 13 Tahun 2003, kemudian pedoman penerapan SMK3 diatur dalam Peraturan Pemerintah No 50 Tahun 2012. Persyaratan K3 juga dilakukan untuk memenuhi tuntutan negara-negara maju, terhadap persyaratan suatu produk barang atau jasa.

Di antara syarat dimaksud yakni, harus memiliki mutu yang baik, aman dipergunakan, ramah lingkungan dan memenuhi standar internasional tertentu di antaranya sistem manajemen mutu, sistem manajemen lingkungan, sistem manajemen K3 serta standar-standar lainnya.

Terlihat hadir pada upacara itu Sekdako H Muhammad Noer, Asisten II Dedi Gusriadi, Asisten III H Azharisman Rozie, Kadisnaker, dan seluruh kepala SKPD, pejabat eselon II, III dan IV serta seluruh camat dan lurah di kota ini. ***

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17022016/potretnewscom_xttkx_284.jpgPengibaran bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kota Pekanbaru di halaman kantor wali kota Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (17/2/2016) pagi. (foto: humas pemko pekanbaru)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/17022016/potretnewscom_xpv9a_285.jpgWakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi (kiri) bersalaman dengan komandan upacara usai Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kota Pekanbaru di halaman kantor wali kota Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (17/2/2016) pagi. (foto: humas pemko pekanbaru)

wwwwww