Home > Berita > Umum

Insya Allah… Pelalawan Masuk Skema Jalur Kereta Api Trans Sumatera

Insya Allah… Pelalawan Masuk Skema Jalur Kereta Api Trans Sumatera

Ilustrasi. Kabupaten Pelalawan masuk sektor lintas kereta api antarpulau Sumatera.

Selasa, 19 Januari 2016 18:42 WIB
PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Guna meningkatkan sektor transportasi di Indonesia khususnya di Pulau Sumatera, pemerintah pusat akan membangun transportasi kereta api yang menghubungkan antarprovinsi di Pulau Sumatera. Kabupaten Pelalawan termasuk salah satu kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau kawasan sektor lintas kereta api antarpulau Sumatera. "Informasi dari pemerintah pusat beberapa waktu lalu, daerah kita (Kabupaten Pelalawan, red) termasuk salah satu kawasan sektor lintas kereta api yang menghubungkan antarprovinsi di Pulau Sumatera. Pembangunan jalur perkeretaapian ini dilakukan untuk meningkatkan dan memudahkan transportasi buat masyarakat," ujar Kepala Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi, Selasa (19/1/2016).

Disinggung soal lokasi, Ir Syahrul mengatakan, bahwa untuk menentukan titik lokasinya, pihaknya belum tentukan karena pihaknya masih menunggu surat dari pemerintah pusat. Kalau sudah ada surat, baru Pemerintah Kabupaten Pelalawan menentukan tempatnya.

"Kita belum mencari lokasi jalur lintas kereta api, karena kita belum mendapatkan arahan dari pusat. Kota yang duluan tahap awal pembangunan model transportasi tersebut di Provinsi Riau adalah kota Dumai, karena sudah mendapat suratnya," jelasnya.

Syahrul menambahkan, kalau benar nantinya Kabupaten Pelalawan benar mendapatkan amanah menjadi kawasan sektor jalur kereta api, Pemkab Pelalawan siap mendukung. Dan anggaran pembangunan akan ditanggung langsung oleh pusat melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBN) pusat.

"Kita siap mendukung program pemerintah pusat untuk membangunan sektor jalur kereta api antar Sumatera. Dan selain termasuk jalur kereta api, Kabupaten Pelalawan juga termasuk sektor jalan tol antarpulau Sumatera. Kita berharap daerah kita, benar-benar dibangunan jalur kereta api. Kalau sudah dibangun, bisa memudahkan transportasi buat masyarakat Kabupaten Pelalawan," ujarnya. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Umum, Pelalawan
Sumber:Riaueditor.com
wwwwww