Home > Berita > Riau

Di Depan Kepala BNPB, Riau Sesumbar Paling Siap Hadapi Bencana Karhutla

Di Depan Kepala BNPB, Riau Sesumbar Paling Siap Hadapi Bencana Karhutla

Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Selasa, 19 Januari 2016 21:39 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Senin (18/1/2016) kemarin, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumpulkan lima provinsi langganan karhutla di Jakarta untuk rapat optimalisasi persiapan menghadapi bencana Kebakaran hutan dan lahan. Dalam rakor tersebut menurut Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, pemerintah pusat memberi apresiasi karena Riau sudah siap menghadapi bencana tersebut.

"Jadi rapat yang dipimpin Pak Willem (Kepala BNPB) itu bagaimana untuk mengoptimalisasikan agar tidak terjadi karhutla, dan bisa diantisipasi," ujar Edwar Sanger.

Dari ekspose yang dilakukan masing-masing daerah, menurut Edwar Sanger Riau mendapat pujian dari BNPB karena sudah menerapkan pemberdayaan masyarakat desa, dalam menanggulangi kebakaran.

"Selain pemberdayaan masyarakat juga akan dioptimalisasi kabupaten/kota dalam menjaga daerahnya dan bersama memberdayakan masyarakat," ujar Edwar Sanger.

Ke depan akan ada insentif kepada masyarakat yang diberikan dari BNPB, Pemprov Riau dan Dunia usaha dalam pemberdayaan masyarakat.

Sebagaimana diprediksi saat ini sejumlah wilayah di Riau bagian utara atau Riau pesisir sudah dilanda musim kering dan bahkan sudah ditemukan sejumlah titik hotspot. ***

(Akham Sophian)
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww