Home > Berita > Rohul

Hujan Semalaman, Puluhan Rumah di Rohul Terendam Banjir

Hujan Semalaman, Puluhan Rumah di Rohul Terendam Banjir

Ilustrasi.

Senin, 18 Januari 2016 09:33 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com - Banjir merendam sekitar 30 rumah di Desa Rambah Tengah Hilir, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu, Minggu (17/1/2016), setelah diguyur hujan lebat semalaman. Menurut warga bernama Apip, banjir di desanya disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi sejak Sabtu malam. Sehingga menyebabkan air Sungai Cupak meluap dan merendam puluhan rumah warga dekat aliran sungai.

Meluapnya Sungai Cupak hingga merendam rumah warga baru pertama kali ini terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Ia menduga, sungai meluap akibat semakin sempitnya aliran sungai, akibat adanya pembangunan jembatan dan gorong-gorong.

Ia menambahkan, diameter jembatan dan gorong-gorong harus diperlebar, sehingga aliran air lancar. Ia mengharapkan pemerintah daerah, melalui dinas terkait, untuk memperlebar gorong-gorong di daerahnya

"Kami berharap pemerintah bisa mencari tahu apa penyebab banjir yang tak pernah terjadi di daerah ini," katanya, minggu (17/1).

Sementara Kepala Desa Rambah Tengah Hilir, H. Ahadin mengatakan dalam waktu dekat ini, pemerintah desa akan mengajukan proposal ke Pemkab Rohul untuk pembangunan box culvert di jalur dua di desanya.

Menurutnya, banjir yang menggenangi puluhan rumah warga adalah air rawa. Akibat badan jalan lebih tinggi dari pemukiman, akhirnya air dari hulu tak bisa melintas di jalan. Sementara, box culvert yang dibangun tak mampu menampung debit air.

Sejauh ini ketinggian air masih tidak terlalu parah, hanya menggenangi saja. Walaupun begitu, bila intensitas hujan bertambah, dikhawatirkan banjir semakin parah.

"Kita berharap nanti apa yang kami ajukan bisa diakomodir oleh Pemerintah Daerah Rohul melalui Dinas Binamarga dan Pengairan (Rohul)," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Jumat (15/1) lalu, puluhan rumah warga Desa Rokan Timur, Kecamatan Rokan IV Koto terendam banjir akibat meluapnya Sungai Asam. Menyusul kemudian Sabtu (16/1), sedikitnya sembilan rumah warga Desa Lubuk Kerapat terendam akibat meluapnya Sungai Kerapat.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Rohul, Peristiwa
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww