Anggota DPRD Pelalawan Geleng-geleng Kepala Temukan Ruang Kelas I RSUD Selasih Jadi Gudang Obat

Anggota DPRD Pelalawan Geleng-geleng Kepala Temukan Ruang Kelas I RSUD Selasih Jadi Gudang Obat

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan ketika inspeksi mendadak.

Sabtu, 16 Januari 2016 10:46 WIB
PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Ruang kelas I yang ada di RSUD Selasih sejauh ini jauh dari layaknya sebuah ruangan tempat pasien. Selain dinding-dindingnya merembes jika hujan, sejumlah peralatan yang semestinya ada di sebuah ruangan kelas I, tak terpenuhi. Hal ini terungkap dari sidak yang dilakukan oleh dua Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan, Riau, ke RSUD Selasih, Jumat (15/1/2016). Kedua orang Anggota DPRD Pelalawan, Faizal dan Baharuddin, yang melakukan sidak ke rumah sakit tersebut benar-benar merasa kecewa mendapati kondisi RSUD yang jauh dari standar semestinya.

''Ini kan rumah sakit regional yang menjadi rujukan 4 kabupaten. Masak kondisinya seperti ini,'' tegas Faizal yang langsung diaminkan oleh Baharuddin, kepada sejumlah wartawan usai melakukan sidak ke sejumlah instalasi di rumah sakit Selasih, Jumat (15/1/2016).

Dari hasil pantauannya saat melihat ruangan kelas I RSUD Selasih, Faizal melihat sejumlah kondisi yang tak layak untuk sebuah ruangan kelas I rumah sakit. Selain dinding ruangannya tersebut selalu merembes air hingga menjadi lembab, juga pintu kamar mandi yang berada di ruangan, mengalami kerusakan di kunci pintunya, juga dijadikan sebagai gudang obat.

''Kondisi seperti ini jauh dari standar akreditasi sebuah rumah sakit yang sudah menjadi rujukan 4 kabupaten,'' tandas Faizal didampingi Kabid Penunjang Medik RSUD Selasih, Dr Zul Anwar, Jumat (14/1/2016).

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra itu mempertanyakan soal pembangunan ruangan kelas I ini yang dilakukan oleh kontraktornya. Artinya, apakah masih ada tahap pemeliharaan untuk gedung ini atau tidak.

''Lihat saja, masak dinding di ruangan kelas I bisa merembes, kunci-kunci kamar mandi di ruangan sering macet dan rusak sehingga tadi di salah satu ruangan ada yang pakai tali, kemudian fasilitas untuk ruangan ini masih belum lengkap. TV hanya ada di 3 ruangan dari 12 ruang . Ini benar-benar di luar dari standar sebuah ruangan kelas I untuk rumah sakit regional yang menjadi rujukan 4 kabupaten kota,'' tegasnya.

Atas kondisi ini, Faizal meminta agar lampu-lampu di ruangan kembali dicek ulang. Kemudian masalah dinding yang selalu merembes air harus secepatnya diperbaiki dengan memanggil yang ahlinya. Dan juga masalah kunci-kunci kamar mandi harus diperbaiki, serta agar pihak rumah sakit untuk segera mengkondisikan gudan obat.

''Kita minta RSUD Selasih ini secepatnya diperbaiki dari hal-hal yang kita sebutkan tadi. Masak rumah sakit yang menjadi rujukan, kondisi ruangannya seperti ini, jadi gudang obat lagi,'' tandasnya.

Sementara itu, Kabid Penunjang Medik RSUD Selasih, Dr Zul Anwar, yang mendampingi dua anggota DPRD Pelalawan saat sidak ke rumah sakit tersebut mengakui bahwa memang fasilitas di ruangan kelas I RSUD Selasih, masih jauh dari standar semestinya.

Menurutnya, bangunan yang selesai di tahun 2009 dan baru dipakai empat tahun kemudian yakni tahun 2013 tersebut, memang masih banyak kekurangan. Misalnya saja soal fasilitas yang berada di ruangan seperti TV yang tidak ada di semua kamar di ruangan.

''Dari 12 ruangan kelas I yang ada di rumah sakit ini, baru 3 ruangan yang ada TV-nya. Selebihnya masih belum ada, ini memang belum standar ruangan yang seharusnya. Tahun 2016 ini sudah dianggarkan lagi untuk pemenuhan fasilitas ruangan kelas I ini,'' ujarnya. ***

(Mukhlis)
Kategori : Pelalawan, Politik
Sumber:Riausatu.com
wwwwww