Home > Berita > Riau

Hadapi MEA, Riau Andalkan Lopek Bugi

Hadapi MEA, Riau Andalkan Lopek Bugi

Lopek bugi.

Kamis, 14 Januari 2016 12:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Banyak produk UMKM Riau yang bisa jadi andalan Riau menghadapi pasar bebas Asean MEA. Slah satunya kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau Darius, adalah lopek bugi, penganan khas Kampar. Lopek bugi merupakan makanan dari tepung beras pulut yang dibungkus dalam daun pisang, di dalamnya ada inti kelapa khas Kampar.

"Kita kan ada lopek bugi. Orang Thailand belum tentu punya lopek bugi itu," ujar Kadiskop UKM Riau Darius Husein saat dikonfirmasi persiapan UKM hadapi MEA, Kamis (14/1/2016).

Menurut Darius, dengan bebasnya ekonomi Asean akan berdampak positif terhadap pelaku UMKM di Riau, karena masyarakat dari negara-negara Asean akan tahu makanan-makanan khas di Riau, termasuk lopek bugi.

"Kenapa kita khawatir, tentulah makanan khas kita dan UKM kita sudah siap membuat inovasi. Tidak perlu dirisaukan, bahkan MEA juga akan membuka peluang besar bagi pelaku UKM kita," ujar Darius.

Sejauh ini menurut Kadiskop UKM, ada sebanyak 535 ribu pelaku UKM di Riau yang akan bersaing menghadapi pasar bebas Asean. Kepada pelaku UKM ini pemerintah memberikan kemudahan dalam memberikan legalitas usahanya.

"Makanya untuk pemberian izin usaha pelaku UKM ini cukup dilakukan di kecamatan, ini mempermudah pelaku UKM, sekarang sudah ada tiga kabupaten yang menerapkan itu yakni Pekanbaru, Kuansing dan Pelalawan," jelas Darius. ***

(Wawan Ssetiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:Tribunnews.com
wwwwww