Ribuan Hektar Sawah Terendam Banjir, Petani di Kuansing Gagal Panen

Ribuan Hektar Sawah Terendam Banjir, Petani di Kuansing Gagal Panen

Ilustrasi. (foto: tribunpekanbaru.com)

Senin, 11 Januari 2016 13:48 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kuansing, Riau. Akibat banjir ini, ribuan rumah warga terendam.

Informasi yang dihimpun, banjir melanda 10 Kecamatan di Kuansing. Diantaranya, Kecamatan Cerenti, Benai, Kuantan Tengah, Pangean, Gunung Toar, Kuantan Hilir, Inuman, Setajo Raya dan Kuantan Hilir Sebarang.

Daerah paling parah terjadi di Pagean. Sedikitnya 1.250 warga terendam. Selain itu, di Kuantan Hilir Sebarang juga parah, sedikitnya 1.160 juga terendam.

"Data sementara sebanyak 4.550 rumah warga terkena banjir," kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kuansing, Muharlius Senin (11/1/2016).

Ketinggan air di beberapa wilayah mencapai 50 centimeter. Selain rumah, ribuan hekter sawah milik masyarakat juga terendam. Akibatnya sebagian padi yang mulai menguning, mengalami gagal panen.

Banjir di Kabupaten Kuansing disebabkan oleh tinggi curah hujan dalam beberapa waktu terakhir ini.Akibat hujan deras itu, Sungai Kuantan meluap.

Terkait banjir di Kabupaten Kuansing, Pemerintah Provinsi Riau telah menyalurkan bantuan berupa mie instan, sarden selimut dan lainnya.

"Kita sudah salurkan 2 ton beras, mie instan dan makanan. Untuk sementara baru tiga kecamatan yang kita berikan bantuan. Sisanya menyusul," ucap Kepala Dinsos Riau, Sarifuddin kepada wartawan. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Kuansing, Peristiwa
Sumber:Okezone.com
wwwwww