Home > Berita > Rohul

Mirip di Film-film, Tahanan Narkoba di Lapas Pasirpengaraian Todongkan Pistol ke Sipir Lalu Kabur

Mirip di Film-film, Tahanan Narkoba di Lapas Pasirpengaraian Todongkan Pistol ke Sipir Lalu Kabur

Aksi melarikan diri Hendri berhasil terekam kamera CCTv. (foto: goriau.com)

Sabtu, 09 Januari 2016 20:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com- Seorang tahanan kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB, Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Hendri Manurung, 34 tahun, kabur. Dia berhasil melarikan diri bersama tamu yang menjenguknya setelah mengancam sipir dengan todongan senjata api. "Penjaga lapas diancam dengan senjata api," kata Kepala Kepolisian Resor Rokan Hulu Ajun Komisaris Besar Pitoyo Agung, Sabtu (9/1/2016).

Agung menjelaskan, peristiwa yang mirip di film-film itu terjadi pukul 10.50, Sabtu, 9 Januari 2016. Saat itu Hendri meminta izin keluar dari kamar 10 untuk menemui tamu yang menjenguknya. Namun petugas lapas tidak tahu persis identitas tamu tersebut.

Tidak lama berselang, kata Agung, keduanya berjalan menuju pintu utama lapas yang dijaga oleh petugas bernama Akromi. Hendri dan rekannya menodongkan senjata api ke petugas tersebut. "Pelaku meminta Akromi tidak bergerak," kata Agung.

Keduanya kemudian bergegas membuka pintu dan kabur menuju jalan raya. Teman Hendri lainnya ternyata sudah bersiap menunggu di jalan menggunakan sepeda motor jenis Vixion. "Tahanan kabur dibonceng rekannya yang tidak dikenal identitasnya. Nomor polisi sepeda motor pun tidak diketahui," katanya.

Agung mengaku sejauh ini polisi telah melakukan pemeriksaan sejumlah petugas lapas untuk menyelidiki kasus tersebut. Polisi masih berusaha mengungkap identitas tamu yang turut membantu Hendri kabur dari tahanan. "Kami masih menyelidiki dari hasil rekaman CCTV," ujarnya.

Agung menambahkan Satuan Reserse Kriminal Polres Rokan Hulu telah mengerahkan sejumlah personel untuk memburu Hendri. Polisi menututp akses jalan pintu masuk Rokan Hulu di sejumlah wilayah perbatasan Kampar dan Sumatera Utara. "Kami telah berkoordinasi dengan seluruh Polres untuk turut memantau gerak pelaku," ujarnya.

Agung menyebutkan, Hendri merupakan warga Padang Lawas, Sumatera Utara. Ia adalah tahanan Kejaksaan Negeri Pasirpengaraian, Rokan Hulu yang tersangkut kasus kepemilikan senjata api dan narkoba yang disidik Satuan Reserse Narkoba Polres Rokan Hulu. "Statusnya tahanan jaksa yang tengah menjalanai proses sidang," katanya.

Namun Agung enggan berspekulasi bahwa komplotan bersenjata yang membawa Hendri kabur dari tahanan tersebut bagian dari jaringan mafia narkoba. "Masih kami selidiki." ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Rohul, Hukrim
Sumber:Tempo.co
wwwwww