Home > Berita > Inhil

Politisi Ini Usul Sumber PAD Inhil yang Capai Target Diberi Penghargaan

Politisi Ini Usul Sumber PAD Inhil yang Capai Target Diberi Penghargaan

Juru Bicara Banggar DPRD Inhil Edi Gunawan.

Selasa, 05 Januari 2016 18:39 WIB
Advertorial
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, setiap tahunnya mengalami peningkatan. Meski begitu, masih ditemui beberapa persoalan yang harus dilakukan pembenahan dan perbaikan. Salah satunya penetapan target PAD, untuk pos restribusi dan sektor lainnya belum terukur secara baik. Ada sektor perolehannya di bawah target, sedangkan di sektor lain justru jauh melebihi target yang ada.

"Mestinya realisasi tahun sebelumnya bisa menjadi pedoman dalam penentuan target PAD yang ada," kata Jubir Banggar DPRD Inhil, Edi Gunawan dalam beberapa waktu lalu.

Seperti pajak daerah, terutama pajak bumi dan bangunan (PBB), belum tervalidasinya data secara baik, terhadap sehingga banyak kebocoran terhadap PAD.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengungkap, ada tunggakan PAD yang tidak tertagih, yang mencapai sebesar Rp 46,98 miliar. Tren itu terus akan mengalami peningkatan apabila tidak dilakukan perbaikan.

Untuk itu, validasi data terhadap sumber pendapatan, seperti retribusi maupun wajib pajak, pendataan harus transparansi dalam perhitungan sumber dana yang diperoleh. Dengan mengedepankan akuntabilitas bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya.

"Tingkatkan motivasi kerja dan berikan reward bagi yang berprestasi, serta punishment bagi yang tidak mampu dalam pelaksanaannya," ujar dia. (adv/dewan/suf)

Kategori : Inhil, Politik
wwwwww