Home > Berita > Umum

Dengan Sumbangan ala Kadarnya dari Warga dan Upah Pengerjaan Paket Program DMIJ, Desa Harapanjaya di Inhil Sukses Selenggarakan MTQ

Selasa, 05 Januari 2016 12:20 WIB
Advertorial
dengan-sumbangan-ala-kadarnya-dari-warga-dan-upah-pengerjaan-paket-program-dmij-desa-harapanjaya-diBupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan memukul gong tanda dibukanya MTQ VI Desa Harapanjaya Kecamatan Tempuling.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Senin (4/1/2016), bertempat di Mesjid Nurul Yaqqin Dusun Sumberharum Kecamatan Tempuling, Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Tingkat Desa Harapanjaya. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua PKK Kabupaten Inhil Hj Zulaikhah Wardan, Kadis Cipta Karya Dianto Mampanini, Kadis Perhubungan Tantawi Jauhari, Kaban BPMPD Yulizal, Kadisbudpora Rudiansyah, Kadis Disnakertran Masdar, kabag kesra dan kabag humas.

Bupati Inhil dalam sambutannya mengatakan, apa yang dilaksanakan merupakan hal sangat penting dan selaras dengan program Inhil untuk mengembangkan generasi Islami. Karena itu, bakal memperkuat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) mencari bibit-bibit baru qari dan qariah.

"Kita harus memperlihatkan jati diri kita sendiri, salah satunya dengan iven semacam ini. Tujuan kita dapat menghasilkan qari dan qariah yang mampu mengharumkan Inhil di tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Lebih jauh menurut Wardan, Pemkab Inhil sudah mencanangkan Maghrib Mengaji dan itu sejalan dengan MTQ. Program religi tersebut untuk menanamkan nilai-nilai agamis kepada generasi muda, dalam menjawab tantangan hidup ke depan yang semakin kompleks.

Sementara itu Kepala Desa Harapanjaya Rasidi dalam sambutannya mengatakan, MTQ ini sesuai visi dan misi desa dengan waktu pelaksanaan selama sepekan.

Adapun sumber dana kegiatan ini berasal dari hasil gotong royong masyarakat. Contohnya, dalam pengerjaan paket-paket program DMIJ (Desa Maju Inhil Jaya), upah yang didapat masyarakat mereka kumpulkan dan kemudian dijadikan sebagai sumber dana MTQ.

Jenis perlombaan MTQ tingkat desa adalah adzan, tilawah, tartil dan hafalan. Selain itu jenis perlombaan lainnya adalah salat, doa, pembawa acara, rabbana hafsi.

"Kegiatan ini untuk menjadikan desa yang mandiri, agamis dan terdepan di Kabupaten Inhil dengan mewujudkan smart village (desa pintar) berbasis data, memanfaatkan IT dan energi terbarukan yang beroreintasi kepada ekonomi mikro masyarakat," ujarnya. (adv/pemkab/suf)

Kategori : Umum, Pemerintahan, Inhil
wwwwww