Home > Berita > Riau

Jalan Masuk Kota Bukittinggi Padat Merayap, Kendaraan dari Riau Mendominasi

Jalan Masuk Kota Bukittinggi Padat Merayap, Kendaraan dari Riau Mendominasi

Jam Gadang di Kota Bukittinggi.

Jum'at, 25 Desember 2015 22:07 WIB
BUKITTINGGI, POTRETNEWS.com- Libur panjang yang bertepatan dengan perayaan Natal, buat arus lalu lintas di sejumlah titik di Sumatra Barat (Sumbar) padat merayap. Kepadatan arus lalu lintas terutama menuju ke kota wisata, Bukittinggi. "Ke arah Bukittinggi cukup padat, karena orang berwisata ke sana," kata Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (25/12/2015).

Ia menjelaskan, kepadatan terjadi di jalur Payakumbuh menuju Bukittinggi, serta Padang menuju Bukittinggi. Jalur dari Padang menuju Bukittinggi, kepadatan terjadi di Lembah Anai, Padang Panjang, pintu masuk Bukittinggi, serta Kawasan Padang Luar. Kendaraan yang melintas didominasi plat nomor BA, BM, BH dan BK.

Menurutnya, kendaraan yang berasal dari Pekanbaru, menuju kawasan wisata seperti Bukittinggi, Tanah Datar dan Painan. "Cuma di Bukittinggi saja, karena kondisi jalannya seperti itu, volume kendaraan bertambah terus, jadi memang agak macet, Bukittinggi-Padang Panjang," tutur Bambang.

Namun, ia mengklaim, kemacetan arus lalu lintas dapat diurai. Sehingga, kondisi jalanan dapat berjalan kendati perlahan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bukittinggi AKP Rio Sigal Hasibuan menuturkan, jalan masuk ke kawasan Kota Bukittinggi padat merayap. Ia menjelaskan, kepadatan jalur dari Payakumbuh menuju Bukittinggi terjadi di kawasan Baso, didominasi kendaraan yang berasal dari Riau.

"Peningkatan volume kendaraan mencapai tiga kali lipat dari hari biasanya. Didominasi kendaraan dengan plat BM, BH dan BK," ujar Rio.

Ia berujar, pada hari-hari biasa, volume kendaraan yang melintas hanya 30 unit per menit. Namun, saat ini volume kendaraan meningkat menjadi 100 unit per menit. Saat ini, Polresta Bukittinggi sudah menempatkan sejumlah personEl untuk mengurai kemacetan di seluruh pintu masuk Bukittinggi. Selain itu, pos pengamanan juga ditempatkan di seputaran Jam Gadang, serta pos pelayanan di Tugu Polwan Bukittinggi. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:Republika.co.id
wwwwww