Home > Berita > Inhil

Generasi Penenun Songket Khas Inhil Semakin Langka

Generasi Penenun Songket Khas Inhil Semakin Langka

Ketua Dekranasda Kabupaten Inhil Hj Zulaikha Wardan (baju putih) meninjau pelatihan pembuatan songket. (foto: potretnews.com/usuf)

Sabtu, 12 Desember 2015 11:47 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau bersama Dekranasda menggelar pelatihan pembuatan kain songket khas daerah ini. Kegiatan tersebut dalam rangka menumbuhkan kembali minat warga untuk menenun yang belakangan semakin langka. Pelatihan dilaksanakan di Gedung Dekranasda Inhil, Jalan M Boya Tembilahan. Sesuai jadwal, kegiatan berlangsung selama 7 hari dengan mendatangkan pelatih dari Kualaenok.

Kepala Disperindag Inhil, Fahrolrozi mengatakan, pihaknya akan menciptakan Dekranasda sebagai pusat oleh-oleh Kabupaten Inhil, dengan menampilkan berbagai produk yang menjadi khas Inhil.

"Hasil keterampilan yang dihasilkan bisa menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang para tamu yang datang ke Inhil," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Inhil Hj Zulaikha Wardan di sela-sela kunjungannya mengatakan pelaksanaan menenun ini untuk meningkatkan kreativitas tenaga perajin. "Pada saat ini Dekranasda Inhil baru memiliki 4 orang. Jumlah ini, sangat terbatas dari segi tenaga dan kemampuan." kata Hj Zulaikha Wardan.

Pengetahuan kualitas dan kreativitas menenun ini, kata Zulaikha, meski terus ditingkatkan oleh perajin, salah satunya dengan mendatangkan pelatih. Di samping itu, pihaknya juga akan menambah tenaga perajin dalam rangka memenuhi permintaan dari masyarakat. Karena perajin yang ada saat ini di Inhil masih sangat kurang.

"Setiap tahun kita terus tingkatkan jumlah maupun kualitas perajin, untuk itu Dekranasda akan bekerja sama dengan Disperindag," tuturnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Inhil, Umum
wwwwww