Home > Berita > Rohul

556 Rumah di Rokan Hulu Masih Terendam Banjir

556 Rumah di Rokan Hulu Masih Terendam Banjir

Terlihat rumah warga dan jalan di Rokan Hulu masih terendam, banjir. (foto: riaupos.co)

Sabtu, 12 Desember 2015 23:49 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com - Ratusan rumah penduduk di dua kecamatan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, masing-masing; Rambah dan Rambah Hilir yang terendam banjir, Sabtu (12/12/2015) terlihat sudah mulai surut. Ya, di Kecamatan Rambah, banjir dari luapan air Sungai Batang Lubuh Pasirpengaraian yang merendam ruas jalan provinsi dan kabupaten serta rumah penduduk, telah surut. Sementara sejumlah desa di Kecamatan Rambah Hilir masih terendam banjir.

"Sekarang ini, banjir masih merendam rumah penduduk di Kecamatan Rambah Hilir.Untuk Kecamatan Rambah sudah surut. Tapi melihat cuaca mendung saat ini dan berpotensi terjadinya hujan, maka ancaman banjir bisa saja terjadi suatu waktu terutama pemukiman penduduk yang berada di daerah aliran sungai (DAS) besar di Rokan Hulu," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu Aceng Herdianan ST MM kepada wartawan, Sabtu (12/12/2015).

Dijelaskannya, banjir di Kecamatan Rambah Hilir telah merendam ratusan rumah penduduk di tiga desa, Desa Rambah Hilir Timur 437 kepala keluarga, tepatnya Dusun Surau Munai 356 KK, Dusun Sejati 50 KK dan Dusun Sukajadi 31 KK.

Sedangkan Desa Rambah Hilir Tengah tepatnya di Dusun Muara Nikum 15 KK.Sedangkan banjir merendam rumah penduduk di Desa Rambah di Dusun Kumu 53 KK.

"Petang ini air sedang naik dan sudah merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Rambah Hilir. Kita sudah lakukan evakuasi dan membantu masyarakat yang rumahnya terendam banjir. Total rumah warga yang terendam banjir untuk sementara 556 KK," jelasnya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu tetap waspada terhadap potensi banjir yang suatu saat bisa terjadi kapan pun.Karena perkiraan BMKG, bulan ini masih potensi hujan.Dimungkinkan terjadi luapan air sungai yang mengakibat terjadinya banjir.

Aceng mengingatkan masyarakat yang berada di DAS, selain waspada terhadap potensi banjir dengan cuaca musim penghujan, juga agar melakukan koordinasi dengan BPBD Rohul.

Dia menambahkan, bilamana terjadi musibah banjir, atau puting beliung di daerahnya, masyarakat dapat menghubungi kontak person handphone 085271620103 yang aktif 1 x 24 jam.

"Kita siap melayani masyarakat sepanjang adanya laporan dan informasi adanya terjadi bencana alam.Kapan pun waktunya kita siap turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena banjir maupun bencana alam lainnya," tutur Aceng. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Rohul, Peristiwa
Sumber:Riaupos.co
wwwwww