Akhirnya Polisi Temukan Saksi Kunci... Maka Terkuaklah Penyebab Kebakaran Ramayana yang Sebenarnya

Akhirnya Polisi Temukan Saksi Kunci... Maka Terkuaklah Penyebab Kebakaran Ramayana yang Sebenarnya

Plaza Sukaramai-Ramayana Pekanbaru terbakar.

Kamis, 10 Desember 2015 22:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Inilah informasi tentang apa penyebab kebakaran di Plaza Sukaramai. Setelah hampir tiga hari lamanya Plaza Sukaramai atau yang biasa disebut masyarakat sebagai Ramayana di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru membara, akhirnya dari mana sumber api berhasil terkuak. Salah seorang saksi kunci bernama Firdaus (33) berhasil ditemui anggota Polresta Pekanbaru, Kamis (10/12/2015) untuk memberikan keterangannya dari mana sumber api.

Sebelumnya warga dan pedagang selalu mendapatkan informasi yang berbeda-beda. Mulai dari percikan api rokok hingga korsleting listrik, serta yang lainnya yang menjadi penyebab kebakaran lantai dasar Plaza Sukaramai.
Tetapi dengan keterangan Firdaus yang juga merupakan pedagang, barulah semuanya jelas. Warga Jalan Kartini Kecamatan Pekanbaru Kota ini mengaku dirinya sempat memadamkan api dengan alat seadanya.

"Api itu muncul tidak jauh dari atas loteng dari tempat saya berjualan, dan saya bersama pedagang lain sempat berusaha memadamkan api. Ternyata hidran yang disediakan oleh pengelola sama sekali tidak berfungsi. Karena asap semakin tebal para pedagang langsung berhamburan keluar," ucap Firdaus.

Firdaus juga mengatakan, api awalnya bermula dari percikan kabel listrik yang berada di atas plafon basement. Karena kabel sudah berdempetan dan berkumpul membuat korsleting semakin mudah hingga percikan api dengan cepat membesar.

"Kalau ditanya apakah pengelola gedung pernah melalukan pengecekan terhadap kabel, sama sekali tidak pernah. Tetapi jika uang sewa kurang, ya kita terpaksa harus angkat kaki segera. Selain itu jalur udara keluar masuk atau ventilasi tidak cukup. Jadi jika pengunjung ramai, terkadang ada yang pingsan lantaran kekurangan oksigen," ujar Firdaus.

Setelah beberapa pertanyaan diberikan kepada Firdaus, akhirnya Wakasat Reskrim AKP Bambang Dewanto langsung meminta waktu serta kesediaan saksi penting ini untuk memberikan keterangan di Polresta Pekanbaru. Bersama anggota akhirnya Firdaus langsung dimintai keterangan di lantai tiga ruang Satreskrim Polresta Pekanbaru.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
Sumber:Riaupos.co
wwwwww