Sudah 8 Jam, Api yang Melahap Plaza Sukaramai-Ramayana Belum Juga ”Jinak”, Burhan Gurning: Ini Aksi Pemadaman Terlama

Sudah 8 Jam, Api yang Melahap Plaza Sukaramai-Ramayana Belum Juga ”Jinak”, Burhan Gurning: Ini Aksi Pemadaman Terlama

Dua orang petugas pemadam kebakaran dihadang kepulan asap hitam (foto: goriau.com)

Rabu, 09 Desember 2015 00:16 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Upaya pemadaman kebakaran di Pusat Perbelanjaan Plaza Dukaramai-Ramayana Pekanbaru, Provinsi Riau, hingga Rabu (9/12/2015) dini hari masih berlanjut. Bahkan amukan api tersebut diklaim jadi kebakaran terlama yang pernah melanda Kota Bertuah selama ini. Sudah hampir delapan jam, amukan si jago merah di gedung perbelanjaan Ramayana belum bisa dikuasai sepenuhnya oleh sekira 150 orang anggota pemadam kebakaran. Berasalan, mengingat sulitnya kondisi, akibat terkurungnya asap hitam, sehingga petugas kewalahan saat akses masuk.

"Bisa dibilang ini upaya pemadaman terlama yang pernah kita lakukan selama ini. Melihat kondisi gedung yang tertutup, membuat kepulan asap tak bisa keluar. Sementara fasilitas kita seperti tabung oksigen sangat terbatas," ujar Kepala Dinas Penanggulan Bencana dan Pemadam Kebakaran (PBPK) Kota Pekanbaru Burhan Gurning.

Selain itu, mayoritas yang terbakar ini adalah jenis barang seperti pakaian yang notabene menimbulkan asap hitam dan berbau tajam. Asapnya saja bisa membuat mata perih. "Kita terus memaksimalkan segala yang ada, secara begantian tim menyisir ke dalam mencari sumber api lainnya," tegasnya.

Tak mau kalah dengan perjuangan regu bersemboyan ”Pantang Pulang sebelum Padam” ini, ratusan pemilik kios juga memilih bertahan di halaman Plaza Sukaramai-Ramayana. Mereka khawatir kalau api meluas dan membakar toko mereka. Warga juga terlihat bertahan, hanya untuk sekadar menonton aksi para petugas dalam upaya menjinakkan api.

Sampai berita ini diterbitkan, petugas pemadam kebakaran masih berjuang menaklukkan api. Polisi dan Satpol PP juga turut serta mengamankan dan menjaga barang-barang dari pemilik kios yang dievakuasi sementara di halaman Ramayana. Belum diketahui apakah ada korban jiwa atas musibah tersebut. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
Sumber:GoRiau.com
wwwwww