Home > Berita > Riau

10.231 Polisi Amankan Pilkada Serentak di Riau

10.231 Polisi Amankan Pilkada Serentak di Riau

Ilustrasi. Seorang polisi mengamankan TPS.

Rabu, 09 Desember 2015 09:35 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepolisian Daerah Riau mengerahkan 10.231 personil untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, Rabu, 9 Desember 2015. Pasukan disebar di 9 kabupaten/kota yang melaksanakan pemilihan kepala daerah. "Adapun personel PAM Pilkada sebanyak 1.725 personel serta jajaran polres 3.122 personel," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Guntur Aryo Tejo, Selasa, 8 Desember 2015. Pengamanan Pilkada, kata Guntur, juga dibantu 1.154 pasukan dari kesatuan TNI.

Menurut catatan Polda Riau, potensi terjadi persoalan yang memicu gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat terjadi di beberapa daerah pelaksana Pilkada, misalnya Rokan Hulu, Dumai, dan Rokan Hilir. Di Rokan Hulu terjadi sengketa lima desa dengan Kabupaten Kampar. Di Dumai terjadi sengketa antarsimpatisan.

Sementara di Rokan Hilir ditemukan kepemilikan identitas kependudukan ganda di wilayah perbatasan Sumatera Utara."Ada juga kasus pengeroyokan dan sidang sengketa Pilkada pasangan nomor 1 terhadap pasangan nomor 2," ujarnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau Nurhamin mengakui terdapat sejumlah daerah yang menjadi titik rawan Pilkada. Termasuk di antaranya rawan bencana. Beberapa kecamatan dan desa di Indragiri Hulu misalnya terendam banjir. Begitu pula di Pelalawan dan Rokan Hulu.

Untuk kasus sengketa lima desa di Kabupaten Kampar, Nurhaimin menjelaskan pengadilan sudah memutuskan desa-desa itu masuk wilayah Kampar. Meskipun demikian, secara administratif sebanyak 6000 penduduknya masih memiliki Kartu Tanda Penduduk Rokan Hulu. Dikhawatirkan, bakal terjadi pengerahan massa. "Tentang pengamanan ini sudah dipetakan oleh penyelenggara setempat," ujarnya.

Sembilan Kabupaten/Kota di Riau menggelar Pilkada secara serentak pada hari ini, 9 Desember 2015. Kesembilan Kabupaten/Kota itu adalah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Dumai, Meranti, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak , Kuantan Singingi dan Bengkalis.

Sebanyak 26 Calon kepala daerah bertarung di daerahnya masing-masing. Pemungutan suara dilaksanakan di 110 Kecamatan, 1.282 Desa dan 7.282 TPS. Sebanyak 2.365.691 pemilih masuk dalam Daftar Pemilih Tetap di masing-masing daerah. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Riau, Politik, Peristiwa
Sumber:Tempo.co
wwwwww