Home > Berita > Riau

Dampak Asap Bulan Lalu, Sekolah di Riau Kurangi Jadwal Libur dan Undur Ujian

Dampak Asap Bulan Lalu, Sekolah di Riau Kurangi Jadwal Libur dan Undur Ujian

Ilustrasi.

Minggu, 06 Desember 2015 10:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akhirnya mengambil kebijakan untuk mengundurkan jadwal Ujian Semester Ganjil peserta didik. Kebijakan ini diambil mengingat lamanya peserta didik tertinggal jam pelajaran saat kabut pada September-Oktober. Pengunduran jadwal ini diberlakukan untuk semua jenjang pendidikan. Seperti Ujian Semester Ganjil untuk Sekolah Dasar yang semula pada 3-12 Desember 2015 diundur sepekan menjadi 17-23 Desember 2015.

Sementara untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dijadwalkan pada 14-23 Desember 2015. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau, Kamsol.

"Kebijakan ini diambil setelah berkoordinasi dengan kabupaten/kota. Diundur sepekan dari jadwal semula. Diharapkan bisa meminimalisir dan mengejar ketertinggalan pelajaran peserta didik," kata Kamsol.

Disebutkannya, selain kebijakan mengundurkan jadwal ujian, Pemprov Riau bersama kabupaten/kota juga menyepakati untuk boleh meniadakan jam pelajaran muatan lokal dan olahraga.

"Jam-jam yang dianggap tidak efektif diganti dengan mengisi pelajaran yang efektif. Seperti pengurangan atau boleh meniadakan pelajaran muatan lokal dan olahraga," tandas Kamsol.

Selain itu, Pemprov Riau juga mengambil kebijakan untuk mengurangi libur bagi peserta didik. Yang awalnya dua pekan pada tahun baru ini, menjadi satu pekan. "Untuk dipadatkan mengejar ketertinggalan tadi," tambah Kamsol.

Hal ini juga akan berdampak kepada persiapan peserta didik untuk menyambut Ujian Nasional (UN). Karena disebutkannya, tidak akan bagus jika hanya Riau yang meminta pengunduran pelaksanaan UN.

"Akan berdampak dan mengganggu persiapan pelajar untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Meski usulan itu bisa saja kita ajukan. Tetapi kita optimis bisa mengejar ketertinggalan jika semuanya sepakat dan mendukung," pungkas Kamsol.***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Riau, Umum
Sumber:katariau.com
wwwwww