Home > Berita > Inhil

Beralih dari Kayu ke Fiberglass, Perajin Inhil Dilatih Bikin Boat sampai Jadi dan Langsung Bisa Dioperasikan

Beralih dari Kayu ke Fiberglass, Perajin Inhil Dilatih Bikin Boat sampai Jadi dan Langsung Bisa Dioperasikan

Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan saat meninjau kerajinan pembuatan fiberglass di BLKI Jalan SKB Tembilahan, Kamis (26/11/2015). (foto: potretnews.com/usuf)

Sabtu, 28 November 2015 00:20 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan Kamis (26/11/2015) lalu, meninjau pembuatan fiberglass di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) yang berlokasi di Jalan SKB Tembilahan. Dalam kunjungannya, bupati didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Drs Fahrorrozi beserta Kepala Bidang (Kabid) di lingkungan SKPD tersebut.

"Selama ini masyarakat lebih biasa menggunakan kayu. ?Tapi karena saat bahan baku kayu sudah sangat berkurang, kita memberikan pelatihan untuk pembuatan berbahan fiberglass," jelas Fahrorrozi.

Rozi menjelaskan, warga yang dididik di BLKI ini 6 orang dari Desa Pungkat Kecamatan Gaung, Tembilahan Hulu 2 orang dan Tembilahan Kota 2 orang. Instrukturnya diambil dari Provinsi Riau, Kabupaten Meranti dan Tembilahan yang merupakan ahli pembuat fiber.

"Rencana pelatihan akan berlangsung selama 10 hari. Mereka dilatih membuat boat yang langsung jadi dan langsung bisa dimanfaatkan," terang Rozi.

Bupati Inhil HM Wardan di saat kunjungan mengatakan, Disperindag harus banyak memberikan pelatihan salah satunya pelatihan perajin boat dengan menggunakan bahan dari fiber.

Kata bupati, sebenarnya mereka sudah terampil membuat boat, akan tetapi dengan bahan kayu. Sehingga dalam pelatihan membuat boat fiber, meski teorinya sedikit tapi bisa langsung praktik.

"Tujuan dari pelatihan ini menjadikan mereka tidak hanya terpaku pada bahan dari kayu, yang selama ini biasa dibuat. Pengrajin bisa memanfaatkan bahan lain yang terbuat dari piber," harap bupati.

Lebih jauh bupati meminta agar ilmu yang didapat pada pelatihan ini, bisa dikembangkan dan disebarkan kepada masyarakat. "?Jika sudah berkembang, pemerintah pastinya akan memberikan bantuan untuk pengembangan usaha," janji Wardan. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Inhil, Umum
wwwwww