Home > Berita > Inhil

Inhil Siapkan Ranperda Pendidikan, ”Guru Harus Banyak Membaca agar Tak Ketinggalan Informasi, Jangan Hanya Siswa yang Diwajibkan Membaca”

Inhil Siapkan Ranperda Pendidikan, ”Guru Harus Banyak Membaca agar Tak Ketinggalan Informasi, Jangan Hanya Siswa yang Diwajibkan Membaca”

Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau, HM Wardan saat memberikan sambutan pada HUT ke-70 PGRI dan HGN Tahun 2015 di Tembilahan.

Kamis, 26 November 2015 19:27 WIB
Usuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Rabu (25/11/2015) malam bersamaan dengan14 Syafar 1437 H, jam 20.30 WIB dilaksanakan acara HUT ke-70 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2015. Acara dipusatkan di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin yang berlokasi di Jalan Provinsi, Parit 6 Tembilahan Hulu. Acara dihadiri langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan, Wakil Ketua DPRD Dr Ir Sahruddin. Turut juga hadir Dandim 0314, Perwakilan Polres, Kadisdik Provinsi Riau, Kadis Inhil Helmi D, Ketua Bunda PAUD Hj Zulaikha setta Plt Sekdakab H Fauzar SE.

Acara malam syukuran hari ulang tahun ini mengambil tema "Memantapkan Solidaritas PGRI sebagai Organisasi Prestasi Guru yang Kuat dan Bermartabat". Tujuannya memupuk rasa persatuan dan kesatuan sekaligus menumbuhkembangkan rasa memiliki terhadap organisasi profesi di kalangan para pendidik, siswa maupun pihak instansi terkait.

Dengan begitu, diharapkan dapat menimbulkan kinerja yang lebih kondusif dan harmonis,dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin global.

Bupati Inhil HM Wardan pada kesempatan itu mengatakan, tanggal 25 November adalah HUT PGRI yang diperingati setiap tahunnya. Dalam kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Inhil dia mengucapkan selamat hari PGRI dan Hari Guru Nasional.

"Ini momentum sangat baik, mari kita berangkat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan lebih baik lagi untuk masa-masa yang akan datangnya," katanya.

Wardan menambakan, Pemkab Inhil memiliki kepedulian yang tinggi dalam rangka pengembangan pendidikan. Salah satu kebijakan konkret di bidang ini ialah dengan membuat satu peraturan daerah tentang pendidikan, yang pidato pengantarnya sudah disampaikan di DPRD dan sekarang sedang pembahasan

"Melaluli peraturan daerah, nanti akan lebih jelas lagi sumbangsih yang diberikan pemerintah dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan. Baik itu dari institusi, lembaga kependidikan maupun kepada pendidik dan tenaga pendidik," ujarnya.

Untuk itu ke depan, imhuh Wardan, bagaimana kita fokus pada meningkatkan mutu kualitas pendidikan. Ketika berbicara meningkatkan mutu dan kualitas, maka yang diperbaiki pertama adalah guru. Sejauh ini Pemerintah Provinsi Riau memberikan kesempatan yang luas kepada guru untuk mengikuti pendidikan, baik itu pendidikab S1, S2 dan S3.

"Alhamdulliah dengan perda itu nanti kita juga akan mempokuskan pada kegiatan tersebut. Untuk peningkatan kualitas pendidikan perlu peran semua pihak. Makanya atas nama Pemkab Inhil mohon dukungan dan kerja sama yang baik,” sebutnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Provinsi Riau Dr Kamsol MM mengatakan, tanggung dan tugas pemerintah bagaimana meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kesejahteraan guru. Pemerintah terus berpikir dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, di antaranya dengan peningkatan kualitas guru itu sendiri.

Dalam kesempatan itu ia mengingatkan kepada tenaga pendidik, guru di Inhil, harus terus belajar. Belajar itu tidak hanya lewat jalur formal, tapi juga lewat jalur membaca.

"Guru harus banyak membaca supaya tidak ketinggalan informasi. Jangan hanya siswa yang kita wajibkan membaca, tetapi gurunya tidak. Sebaiknya guru yang paling utama membaca, hingga bisa meginpirasi siswa," ungkapnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Inhil, Pemerintahan
wwwwww