PotretNews.com Rabu 08 Juli 2020
Home >  Berita >  Riau

Kabut Asap Menghilang, Giliran Banjir Menerjang

Kabut Asap Menghilang, Giliran Banjir Menerjang

Seorang ibu menuntun anaknya melewati banjir di salah satu kabupaten Provinsi Riau. (foto: merdeka.com)

Selasa, 24 November 2015 23:27 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Setelah kabut asap perlahan menghilang, kini sebagian wilayah kabupaten di Riau dilanda banjir. Ribuan rumah di Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kampar terendam air lantaran Sungai Rokan meluap.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengantisipasi banjir kiriman dari Provinsi Sumatera Barat, dikhawatirkan menggenangi sebagian wilayah Riau.

"Banjir kiriman sangat mungkin terjadi jika curah hujan di Sumbar tinggi. Sementara daerah aliran sungai melintasi tiga kabupaten itu akan meluap jika mendapat limpahan air dari hulu," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (24/11/2015).

Menurut Edward, saat ini curah hujan di Sumatera Barat, tepatnya di Pasaman, terus meningkat dan dikhawatirkan menyebabkan sungai meluap.

"Pekan lalu, ribuan rumah di Kabupaten Rokan Hulu direndam banjir, setelah sejumlah sungai yang melewati daerah itu meluap akibat guyuran hujan lebat," ucap Edwar.

Selain Rokan Hulu, banjir juga dilaporkan menggenangi wilayah Rokan Hilir, juga disebabkan oleh luapan sungai Rokan. Maka dari itu, Edward memerintahkan kepada anggotanya di tiga kabupaten itu segera mengambil langkah cepat, guna menghindari jatuhnya korban akibat banjir.

"Di Rokan Hulu telah didirikan pusat pengungsian serta dapur-dapur umum, jika sewaktu-waktu sungai kembali meluap. Kita harapkan daerah lainnya juga mengambil langkah cepat," lanjut Edwar.

Edward mengaku masih mengkaji menetapkan status siaga darurat banjir, setelah status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan berakhir pada 30 November. ***

       
        Loading...    
           
(Akham Sophian)
Kategori : Riau, Rohul, Kampar, Peristiwa
Sumber : Merdeka.com
Loading...
www www