Home > Berita > Siak

Berjibaku dengan Sampah dan Debu, ”Pahlawan” Kebersihan di Kabupaten Siak yang Super Kaya Cuma Digaji Rp1,5 Juta per Bulan

Berjibaku dengan Sampah dan Debu, ”Pahlawan” Kebersihan di Kabupaten Siak yang Super Kaya Cuma Digaji Rp1,5 Juta per Bulan

Para ”pahlawan” kebersihan di Kabupaten Siak, Riau.

Jum'at, 20 November 2015 22:33 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Besarnya kebutuhan hidup yang harus dipenuhi oleh para buruh harian lepas (BHL) di Kabupaten Siak, Riau, memang sangat tidak seimbang dengan penghasilan yang diperoleh dalam setiap bulannya. Pasalnya para BHL di daerah ini rata-rata hanya menerima gaji sebesar Rp1,5 juta per bulan dari pemerintah setempat. Ironisnya, 80 persen tenaga BHL yang saat ini bekerja di Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kabupaten Siak, merupakan masyarakat tempatan alias putra-putri daerah. Namun seolah-olah mereka hidup di negeri antah berantah yang penuh rintangan dan perjuangan bak para pahlawan.

Fenomena tersebut bisa kita saksikan di sejumlah titik yang ada di seputaran Kota Siak. Para BHL seolah bekerja tak kenal lelah, sejak pagi hari hingga menjelang petang, mereka harus bergulat dengan debu dan sampah-sampah jalanan, bahkan sebagian dari mereka harus bergulat dengan semak rerumputan, yang mengerumuni parit-parit kecil di tepian jalan.

Dikutip potretnews.com dari infosiak.com, Pak Alang (nama samaran, red), salah seorang BHL yang bekerja di bawah naungan DPKP Siak, saat ditemui di pinggiran jalan Kota Siak, Kamis (19/11/2015) menuturkan, mereka bekerja sesuai arahan dan perintah atasan dengan jadwal kerja mulai pukul 07:30 pagi, dan pulangnya sekira jam 16:00 sore.

Saat ditanya soal gaji yang mereka terima dari pemkab dalam setiap bulannya, Pak Alang tidak menyebutkan secara rinci, ia mengaku dirinya hanya sebatas petugas lapangan.

“Kalau soal gaji BHL ni, sayo (saya) tak tahu persis bang, karena sayo hanya sebatas petugas lapangan, dan sayo sendiri menerima gaji sebesar Rp1,4 juta sebulan,” kata Pak Alang, dengan nada khas Melayu.

Terkait hal tersebut, kepala DPKP Siak H Wan Ibrahim ST MT, melalui Kabid Kebersihan DPKP Siak Syafrul menyebut, saat ini jumlah tenaga BHL yang bekerja di DPKP Siak kurang lebih sekira 900 orang, dan mereka semua digaji sesuai pada posisinya masing-masing.

“Secara keseluruhan, jumlah BHL yang bekerja di DPKP Siak sekitar 900 orang, dan gaji yang mereka terima tentunya sesuai dengan posisinya masing-masing, ada yang menerima Rp1,4 juta per bulan, dan ada yang menerima Rp1,5 juta per bulan,” ujar Syafrul, dalam suatu perbincangan. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Siak, Umum
Sumber:Infosiak.com
wwwwww