Home > Berita > Rohul

Hujan Lebat, Lima Desa di Rohul Terendam Banjir

Hujan Lebat, Lima Desa di Rohul Terendam Banjir

Hujan yang mengguyur berhari-hari membuat sejumlah wilayah terendam banjir.

Selasa, 17 November 2015 18:58 WIB
PASIRPENGARAIAN, POTRETNEWS.com - Ibukota Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), 'dikepung' banjir. Air yang menggenangi hampir seluruh Kota Pasirpengaraian ini, terjadi pasca hujan lebat dan menyebabkan meluapnya sejumlah sungai besar seperti sungai Batang Lubuh, sungai Pawan dan sejumlah anak sungai Rokan Lainya. Akibat banjir yang melanda Pasirpengaraian, ratusan rumah di lima Desa Kecamatan Rambah, Rohul, menjadi korban luapan air sungai tersebut, Selasa (17/11/2015).

Data yang berhasil diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Desa yang terimbas banjir di Kecamatan Rambah yakni, Desa Rambah Tengah Hulu, dengan total rumah 102 rumah yang terendam dengan kedalaman 50 sampai dengan 150 cm. Sementara di Dusun Pawan Hulu, ada sekitar 80 rumah dengan jumlah penduduk mencapai 450 Jiwa.

Desa lainya yang turut diterjang banjir adalah Dusun Tanjung Harapan Kelurahan Pasirpengaraian, dimana ada sekitar 134 KK dengan jumlah penghuni mencapai 450 orang, dengan ketinggian air mencapai 80-120 cm.

Selanjutnya adalah Desa Koto Tinggi, yang menjadi korban mencapai 75 KK, dan mengakibatkan akses jalan terputus, akibat digenangi air dengan ketinggian mencapai 80-150 cm. Dan yang terakhir adalah Desa Babusalam, dengan jumlah korban sekitar 745 rumah, satu gedung SD, dua Surau suluk, satu Masjid, satu posyandu dan satu gedung kantor perpustakaan, dengan ketinggian air mencapai 150-170 CM.

Selain merendam rumah warga, luapan air sungai Batang Lubuh ini, juga meluap hingga ke Jalan Tuanku Tambusai Pasirpengaraian, dan mengakibatkan banyaknya pengendara khusunya Roda dua yang mogok di tengah genangan air karena memaksakan diri untuk menerobos jalan yang di genangi air.

Selain di Ibukota Pasirpengaraian, Banjir juga terjadi Di Desa Aliantan Kecamatan Kabun, tercatat 176 rumah terendam dan 800 jiwa harus mengungsi.

Untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir, Kepala BPBD Rohul Aceng Herdiana mengakatakan, saat ini sejumlah petugas sudah diterjunkan kelokasi-lokasi terdampak.

"Saat ini Sejumlah Satuan Reaksi Cepat Dari BPBD Rohul, Tagana dari Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan transmigrasi,sudah berada di lokasi untuk membantu warga. Bantuan makanan dan peralatan seperti perahu, tenda juga sudah kita terima dari Kemensos Ri, melalui Dinas Sosial Provinsi Riau," pungkasnya. ***

(Wawan Setiawan)
Kategori : Rohul, Lingkungan
Sumber:GoRiau.com
wwwwww