Ini 3 Destinasi Wisata Unggulan di Mandau Bengkalis

Ini 3 Destinasi Wisata Unggulan di Mandau Bengkalis

Ilustrasi gerbang Kota Duri.

Senin, 16 November 2015 01:35 WIB
DURI, POTRETNEWS.com - Kecamatan Mandau merupakan bagian dari Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau, yang memiliki tempat wisata unggulan. Tempat itu memiliki keunggulannya masing-masing, dengan memberikan edukasi. Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora),mencatat ada 3 tempat wisata di Kecamatan Mandau.

Kota Duri, Kecamatan Mandau, merupakan salah satu tempat wisata belanja, bagi pelancong yang melintasinya. Karena Kota Duri dipersiapkan sebagai kota transit. Pelancong yang melintas dapat juga memilih rest area, seperti hotel berbintang, hingga wisma kelas melati. Tidak hanya itu saja, masyarakat dan pelancong pun disuguhkan tempat berbelanja yang cukup memadai.

"Untuk wisata alam, tempatnya di Hutan Adat, Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Mandau. Di Hutan Adat itu, sudah berdiri miniatur atau contoh rumah adat Suku Sakai," ujar Kepala Disbudparpora, Eduar, Minggu (15/11/2015) sore.

Meskipun belum belum berjalan, Eduar, sangat optimis wisata alam mampu berjalan dengan baik. Rumah adat yang sudah siap dibangun oleh pihak perusahaan, nantinya dijadikan museum. Di dalam museum itu, nantinya masyarakat bisa melihat bagaimana Suku Sakai menjalani kehidupan sehari-harinya, seperti pakaiannya, cerita adat, alat perang, dan lainnya.

"Selaan kedua wisata itu, ada wisata rekreasi yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan oleh Labersa Grup. Wisata rekreasi ini, merupakan permaianan air yang sangat diinginkan oleh masyarakat Mandau dan sekitarnya," ulasnya.

Dijelaskan Eduar, pemerintah berperan sebagai motivator, regulator dan fasilitator. Operatornya diharapkan dari pihak ketiga atau swasta. Karena pola pikir pihak swasta dan pemerintah berbeda. Kalau pemerintah hanya sebagai pemicu peningkatan perekonomian. Sementara pihak ketiga atau swasta, berorientasi pada keuntungan. Bagaimana modal kembali dan mendapatkan untung, sementara pemerintah tidak bisa seperti itu.

"Menunjang hal itu, pemerintah menyiapkan infrastruktur dasar, seperti jalan, listrik, air dan jembatan. Kita mengharapkan, investor atau pihak swasta lainnya, mau menanamkan modalnya di Kabupaten Bengkalis. Bagaimana pun juga peran pihak ketiga dalam pembangunan Kabupaten Bengkalis, sangat diperlukan," ujar Eduar. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Bengkalis, Umum
Sumber:GoRiau.com
wwwwww