Home > Berita > Rohil

Proyek Pembangunan Kompleks Perumahan ”DL Sitorus” Diduga Biang Kerok Rusaknya Jalan Lancang Kuning Baganbatu

Proyek Pembangunan Kompleks Perumahan ”DL Sitorus” Diduga Biang Kerok Rusaknya Jalan Lancang Kuning Baganbatu

Ruas Jalan Lancang Kuning Baganbatu yang rusak dan seperti kubangan kerbau.

Kamis, 12 November 2015 09:01 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSINEMBAH, POTRETNEWS.com - Salah satu dari dua ruas jalan, di Jalan Lancang Kuning Baganbatu, Kecamatan Bagansinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, persisnya di depan kompleks perumahan yang dikenal dengan nama perumahan ”DL Sitorus”, saat ini kondisinya rusak parah. Kerusakan badan jalan tersebut menurut warga sekitar sudah berlangsung lama, tapi diyakini sejak dimulainya proyek pembangunan kompleks perumahan yang disebut-sebut milik pengusaha top DL Sitorus.

Saat awal mulai dibangun, kenderaan (truk) bermuatan berat keluar masuk kompleks (perumahan) untuk mengangkut material bangunan serta tanah timbun.

Warga sekitar jalan lingkar bernama Rudi, memperkirakan jika truk yang keluar masuk kompleks sebagai ”biang kerok” penyebab rusaknya jalan seperti sekarang. Namun yang membuat dia heran, sudah berbilang tahun terjadinya kerusakan, entah kenapa hingga kini pihak pengembang atau developer belum juga melakukan perbaikan.

”Padahal ini kan jalan umum yang pembangunannya menggunakan uang negara? Kenapa dibiarkan begitu saja? Di mana tanggung jawab pihak pengambang perumahan dan pemerintah juga sepertinya tidak peduli?” ujar Rudi dalam percakapan dengan media, Rabu (11/11/2015).

Warga lainnya Tejo, mengaku kesal atas kerusakan jalan yang tidak kunjung diperbaiki tersebut. Karena selain tidak bisa dilalui, jalan tersebut juga berbahaya karena yang seharusnya satu arah kini terpaksa harus menjadi dua arah sehingga potensi kecelakaan cukup besar.

"Apalagi di sini selain ramai, banyak juga pengendara motor yang kebut-kebutan. Makanya cukup berbahaya juga jalan ini. Entah kapan diperbaiki kami nggak tahu,” ungkapnya kesal, secara terpisah.

Kadus Bahagia Kepenghuluan (Desa) Baganbatu, Legino ketika ditemui wartawan di kantornya membenarkan jika jalan tersebut sudah lama rusak dan belum juga diperbaiki. "Tidak lama setelah proyek pembangunan perumahan dimulai, jalan itu juga rusak. Saya sudah pernah menemui salah satu penanggung jawab (proyek perumahan), namun hingga hari ini belum juga diperbaiki. Nggak tahu saya entah apa sebabnya,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan dan informasi yang diperoleh menyebut, sejak salah satu ruas Jalan Lancang Kuning rusak parah, jalan itu sudah tidak dilalui lagi oleh kenderaan. Kini kawasan tersebut tampak seperti kubangan kerbau, apalagi di sekitarnya ditumbuhi rumput yang cukup tebal dan subur.

Hingga berita ini diterbitkan, potretnews.com belum berhasil memperoleh keterangan dari pengembang (developer) perumahan ”DL Sitorus”. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Rohil, Umum
wwwwww