Warga Sekitar TPS di Minas yang Berminat Jadi Pengawas, Segeralah Mendaftar

Warga Sekitar TPS di Minas yang Berminat Jadi Pengawas, Segeralah Mendaftar

Aktivitas di Sekretariat Panwas Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Senin, 09 November 2015 15:20 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com - Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, mulai merekrut calon pengawas di tempat pemungutan suara (TPS). Sekidikitnya 60 orang sudah mendaftar di Sekretariat Panwascam Minas yang nantinya diseleksi menjadi 51. ”Pendaftarannya sudah dibuka. Kami persilakan kepada masyarakat Minas untuk mendaftar menjadi pengawas di TPS,” kata Ketua Panwas Minas Yeni Muharni, Minggu (8/11/2015).

Menurut Yenni, tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi pengawas TPS. Selain memenuhi beberapa persyaratan administratif yang sudah ditentukan, yang lebih penting bahwa Pengawas TPS harus memiliki integritas.

Sebab, apabila hal ini tidak menjadi perhatian utama, maka dikhawatirkan banyak pengawas yang terseret turut dalam permainan politik praktis di lapangan.

“Yang paling penting adalah Pengawas TPS itu harus berdomisili dan/atau menjadi pemilih di TPS yang akan diawasi. Itu syarat yang cukup penting,” kata perempuan berprofesi wartawan itu.

Kenapa cukup penting? Kata dia, karena petugas pengawas TPS adalah petugas yang akan mengawasi semua penyelenggaraan ditingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Jika petugas itu berdomisili di TPS atau memilih di TPS yang akan diawasi maka pengawasan akan jauh lebih baik.

”Tetapi jika bukan dari TPS itu bisa dibayangkan. Agak repot karena tidak memahami wilayah masing-masing,” sebut Yeni.

Selain itu, katanya, calon Pengawas TPS berkomitmen untuk melakukan tugas-tugas pengawasan pilkada. “Kami berharap jajaran Panwascam dan PPL bisa mencari orang-orang terbaik sebagai pengawas TPS ini,” harapnya.

Divisi Kelembagaan dan SDM Panwascam Minas, Syahirudin, menambahkan, jika semua tahapan tepat waktu, maka pelantikan Pengawas TPS diagendakan pada tanggal 16 November 2015 sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” ujarnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Politik, Siak
wwwwww