Home > Berita > Siak

Bangun Pasar Bunut, Kabupaten Siak Disuntik Rp1,8 Miliar dari APBN

Bangun Pasar Bunut, Kabupaten Siak Disuntik Rp1,8 Miliar dari APBN

Bupati Siak, Riau, Drs H Syamsuar meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Bunut, Kecamatan Tualang.

Kamis, 29 Oktober 2015 23:20 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com- Harapan masyarakat untuk memiliki pasar lebih bagus akan segera terwujud. Bupati Siak, Riau, H Syamsuar, MSi meletakkan batu pertama pembangunan Pasar Bunut, Kampung (Desa) Pinangsebatang, Kecamatan Tualang, Kamis (29/10/2015). Bupati Siak Syamsuar dalam arahannya berharap pembangunan pasar sesuai keinginan masyarakat. Menurutnya, keberadaan pasar sangat dibutuhkan sebagai pusat perdagangan dan pergerakan ekonomi.

"Pasar sarana penting, pusat perdagangan dan penggerak ekonomi. Kita berharap pasar bunut nanti bisa memperlancar arus barang dan pemenuhan kebutuhan pokok, masyarakat,"ucap Syamsuar.

Disampaikan Bupati Syamsuar, Dinas Pasar Kabupaten Siak sesui dengan Perda No 65 tahun 2015 tentang Struktur Tata Laksana Organisasi Kerja, bertanggung jawab meningkatkan pelayanan. Intansi ini memiliki tugas membangun pasar di wilayah Kabupaten Siak. Pembangunan tidak hanya di perkotaan tetapi juga bekerja sama dengan Dinas Koperasi mendirikan pasar hingga pelosok kampung.

Oleh karena itu, pembangunan Pasar Bunut Tualang merupakan upaya pemerintah Kabupaten Siak memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pasar. Sebelumnya, Pemkab Siak telah membangun pasar di kecamatan lain. "Pemerintah juga akan membangun pasar di Minas, Kandis dan Lubukdalam," imbuh bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Siak Wan Ibrahim menjelaskan, anggaran pembangunan Pasar Bunut bersumber dari APBN tahun anggaran 2015 senilai Rp 1,8 miliar. Pembangunan pasar ini direncanakan secara bertahap .

"Pembangunan Pasar Bunut tahun ini merupakan tahap pertama, dan dilanjutkkan tahun 2016. Tahun berikutnya, akan dibangun kios utama," kata dia.

Saat ini Pasar Bunut menampung 238 pedagang. Untuk menampung seluruh pedagang dibutuhkan 25 los kering dan 215 los pasar. Kekurangan 136 los kering untuk PKL warga tempatan. Sementara tahap pertama dibangun 3 los kering 20 los pasar. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Siak, Umum, Pemerintahan
wwwwww