Home > Berita > Siak

Petugas Kesehatan di Siak Jemput Bola ke Setiap Rumah Memastikan Kesehatan Warga

Petugas Kesehatan di Siak Jemput Bola ke Setiap Rumah Memastikan Kesehatan Warga

Dinas Kesehatan Kabupaten Siak membagikan masker kepada setiap pengendara.

Rabu, 28 Oktober 2015 00:59 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com- Selama musibah kabut asap, Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, melalui Dinas Kesehatan telah membagikan 350 ribu masker kepada masyarakat. Sedangkan untuk lokasi evakuasi korban di sediakan sejumlah titik penampungan. Laporan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dr Tony Candra saat mengikuti rapat persiapan evakuasi korban asap di Gedung Tengku Maharatu Siak Sri indrapura, Senin (26/10/2015).

"Sudah sampai 350 ribu masker yang sudah kita bagikan. Selain itu perlu juga disediakan air bersih untuk konsumsi rumah tangga," papar Tony Chandra di hadapan peserta rapat yang dihadiri Bupati Siak H Syamsuar dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah.

Kadis Kesehatan Siak ini juga mengemukakan kalau angka ISPU sudah mencapai 400 PSU. Angka itu sudah berada di atas ambang batas berbahaya dan harus segera dilakukan evakuasi terutama ibu ibu hamil dan balita.

"Untuk itu, petugas kami melakukan sweeping ke rumah penduduk untuk melihat langsung warga yang sakit atau tidak," ujarnya.

Diuraikan juga, jumpah penderita akibat kabut asap di Kabupaten Siak dari bulan Juli sampai dengan Oktober 2015, yakni, batuk pilek sebanyank 8418, ISPA 334, asma 525, iritasi kulit 1181 dan iritasi mata sebanyak 412 orang.

Pada rapat persiapan evakuasi korban asap juga ditetapkan tempat penampungan korban asap di masing-masing kecamatan dalam wilayah kabupaten Siak. Kecamatan Siak di Gedung Mahratu, asrama haji, mess pemda, Siak Sport Hall, aula kantor camat, Gedung Serbaguna Kantor Lurah Kampongdalam, Gedung Serbaguna Kantor Lurah Kampongrempak, fasilitas yang tersedia AC, karpet TV, daya tampung 1500 orang, serta alat kesehatan dan tenaga medis.

Untuk Kecamatan Mempura di gedung serbaguna kantor camat setempat, Aula Kantor Bupati Siak dan Puskesmas Kecamatan Mempura, serta ruangan berdaya tampung 1100 orang dengan peralatan yang sama. Begitu seterusnya untuk kecamatan lainnya dengan kapasitas orang yang berbeda. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Siak, Umum, Pemerintahan
wwwwww