Home > Berita > Siak

Pemilih Pilkada Siak di Tualang Bertambah 407 Orang

Pemilih Pilkada Siak di Tualang Bertambah 407 Orang

Ilustrasi daftar pemilih tetap.

Rabu, 28 Oktober 2015 00:55 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com - Camat Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Zulkifli MSi diwakili Kasi Pemerintahan Musry memimpin Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan-1 (DPTb-1), di aula kantornya, Senin (26/10/2015). Setelah penyampaian rekapitulasi penetapan DPTB-1 oleh petugas PPS dari 8 Kampung dan 1 Kelurahan Kecamatan Tualang, maka ditambahlah untuk laki-laki 205 pemilih dan perempuan 202 pemilih, hingga totalnya 407 orang pemilih.

Dengan demikian, berdasarkan hasil DPT kemarin berjumlah 74.172 orang pemilih ditambah DPTB-1 sebanyak 407 orang pemilih, maka total pemilih Kecamatan Tualang sebanyak 74.579 pemilih

Ketua PPK Kecamatan Tualang Wan Hadi Saputra pada rapat tersebut mengatakan, rekapitulasi itu merupakan tahapan terakhir dalam pleno penetapan daftar pemilih Calon Bupati Siak pada 9 Desember mendatang.

Sebelumnya, imbuh Wan Hadi, tahapan demi tahapan sudah dilakukan mulai dari penetapan DPS, DPT dan DPTB-1. Tambahan sebanyak 407 orang harus dilampirkan data pendukung seperti KK atau KTP, sesudah pleno Kabupaten terlaksana.

Dia mengimbau kepada seluruh panitia baik di tingkat PPK, PPS dan KPPS se-Kecamatan Tualang agar tidak berpihak ke salah satu pasangan calon manapun agar terciptanya pemilu yang berintegritas.

”Kecamatan Tualang merupakan barometer Kabupaten Siak serta kepada seluruh lapisan maupun masyarakat agar dapat menyosialisasikan dan saling menyukseskan Pilkada Siak tahun 2015,” kata dia.

Kemudian, Panitia pengawas Pemilu Kecamatan Tualang Sukijo meminta kepada pelaksana maupun penyelenggara pemilu untuk saling berkomunikasi dan koordinasi agar pelaksanaan pemilu pada 9 Desember berjalan lancar.

Dia menyadari bahwa pelaksanaan pemilu legislatif kemarin banyak menimbulkan persoalan-persoalan yang tentunya tidak ingin terjadi lagi. Sukijo juga menyebut, setiap TPS di Kecamatan Tualang sudah memiliki panwas untuk mengawasi dan memantau pelaksanaan pilkada serentak.

Dia juga menyinggung mekanisme pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang sudah diatur oleh KPU Siak. ”Jadi kita ikuti saja aturan mainnya. Karena kita mitra dan saling bekerja sama,” ucapnya.

Rapat turut dihadiri Danramil Kecamatan Tualang diwakili Fanrizal, Kapolsek Tualang diwakili Budi. PPS se-Kecamatan Tualang, saksi dari masing-masing paslon nomor urut 1 yaitu Koalisi Rakyat Bersatu Vitra Yuli dan dari tim nomor urut 2 Berkah, Dede kristiano. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Siak, Politik
wwwwww