Kebakaran Hutan Lindung Suaka Margasatwa Kerumutan Riau Meluas, Sudah Sepekan Api Tak Kunjung Padam

Kebakaran Hutan Lindung Suaka Margasatwa Kerumutan Riau Meluas, Sudah Sepekan Api Tak Kunjung Padam

Ilustrasi kebakaran hutan lindung.

Rabu, 28 Oktober 2015 06:58 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com- Tak kurang dari 200 hektar (berita sebelumnya 100 hektar, red) lahan di Kecamatan Telukmeranti dan kawasan Hutan Lindung Suaka Margasatwa di Kecamatan Kerumutan, Pelalawan, Riau, telah ludes terbakar sejak sepekan kemarin. Saat ini upaya pemadaman masih terus berlangsung. Menurut informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Daerah (BPBPKD) Pelalawan, Hadi Penandio, Selasa (27/10/2015), upaya pemadaman darat sudah dilakukan sejak sepekan lalu.

"Pemadaman melalui udara juga telah dilakukan dengan helikopter water bombing. Bahkan tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pemadaman," ujar Hadi Penandio.

Dia menjelaskan, kebakaran yang sudah terjadi sejak sepekan lalu tersebut, setidaknya telah menghanguskan tak kurang dari 200 hektar lahan di dua lokasi itu. "Diperkirakan kebakaran ini sudah menghanguskan 200 hektar lahan. Termasuk kawasan hutan lindung," kata dia.

Menurut Hadi Penandio, kebakaran yang terjadi tersebut berasal dari adanya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), kemudian api menjalar ke kawasan hutan di Kecamatan Telukmeranti.

"Dan api itu merambat ke kawasan Hutan Lindung Suaka Margasatwa di Kecamatan Kerumutan," katanya.

Hadi Penandio menjelaskan, bahwa operasi pemadaman darat telah dilakukan oleh tim gabungan sejak sepekan yang lalu, namun api belum bisa dipadamkan.

"Sulitnya sumber air dan lokasi yang susah untuk dijangkau membuat upaya pemadaman darat sulit dilakukan," sebut Hadi Penandio. ***

(M Yamin Indra)
Sumber:GoRiau.com
wwwwww