Antisipasi Kebakaran, PT PMBN dan MPA Lanjutkan Patroli Api

Antisipasi Kebakaran, PT PMBN dan MPA Lanjutkan Patroli Api

MPA berfoto dengan Tim Tanggap PT PMBN di Posko Peduli Api usai patroli bersama. (foto: humas aag)

Rabu, 28 Oktober 2015 10:04 WIB
PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Diperpanjangnya status darurat asap membuat PT Pusaka Megah Bumi Nusantara (PT PMBN) kembali melanjutkan program patroli bersama dengan MPA (Masyarakat Peduli Api) yang ada di sekitar perusahaan.
MPA yang dimaksud yakni, MPA Desa Kiyab Jaya, MPA Desa Lubuk Ogung dan MPA Desa Rantau Baru. Ketiga MPA ini adalah MPA yang wilayahnya bersentuhan langsung dengan PT PMBN.

”Diperpanjangnya patroli bersama ini, selain untuk antisipasi terjadinya kebakaran di areal warga sekitar perusahaan, hal ini sekaligus meningkatkan tali silaturahmi perusahaan dengan warga setempat,” ujar Manajer PT PMBN Parlindungan Pardosi.

Dia juga mengatakan bahwa menumbuhkan kepedulian masyarakat akan ancaman bahaya terjadinya kebakaran sangatlah penting. ”Oleh karena itu melalui MPA diharapkan kepedulian masyarakat untuk waspada ancaman kebakaran semakin meningkat. Bahkan dengan adanya MPA, maka dapat mengantisipasi terjadinya kebakaran dilahan masyarakat,” ujarnya menjelaskan.

MPA (Masyarakat Peduli Api) adalah masyarakat yang secara sukarela peduli terhadap pengendalian karhutl. Selain itu juga telah diberikan bantuan dengan pemberian alat pemadam kebakaran serta pembangunan tenda posko peduli api di dua desa yakni Desa Kiyap Jaya dan Desa Ranto Baru. Bahkan, MPA yang sudah dibentuk sejak pertengahan tahun lalui ini, para anggotanya juga sudah mendapatkan pelatihan, dan pembekalan terkait pengendalian karhutla.

Ketua MPA Desa Kiyap Jaya, Hartoni juga merasakan manfaat dari MPA. “MPA ini sangat bagus, sehingga apabila pada waktu patroli ada ditemukan titik api, maka dapat segera diatasi ataupun dipadamkan,” ujarnya.

Bahkan dengan adanya bantuan alat pemadam dari PT PMBN, serta pembekalan dan pelatihan, maka mereka juga sudah dapat melakukan pemadaman seketika itu juga. Dia berharap, selain pelatihan dan bantuan alat pemadam, apabila memungkinkan kiranya perusahaan dapat juga memberikan bantuan untuk tambahan keluarga.

”Berhubung pelaksanaan patroli cukup menyita waktu, alangkah baiknya kalau perusahaan berkenan juga memberikan tambahan untuk keluarga,” pintanya.

/assets/imgbank/28102015/potretnewscom_73r9e_39.jpg
Tujuan dibentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA) adalah mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satu sesi konsolidasi dan pemantapan Masyarakat Peduli Api (MPA). (foto: humas aag)

PT PMBN sendiri menjelaskan bahwa, MPA adalah khusus diperuntukkan guna antisipasi lahan milik warga. Sedangkan untuk lahan perusahaan, PT PMBN sudah memiliki Tim Tanggap Darurat tersendiri.

Selain itu, guna antisipasi kebakaran PT PMBN juga sudah menghimbau karyawan/ti serta masyarakat untuk tidak merokok di areal kebun dengan menggunakan berbagai-bagai bahasa daerah untuk mempermudah memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar sesuai sukunya masing-masing, yang memang banyak bermukin di sini di sekitar perusahaan. (rls)

(Mario Abdillah Khair)
Kategori : Pelalawan, Interbis
wwwwww