Home > Berita > Siak

Meski Belum Ada Warganya yang Dirawat, Pemkab Siak Siapkan Langkah Taktis Penanganan Korban Asap

Meski Belum Ada Warganya yang Dirawat, Pemkab Siak Siapkan Langkah Taktis Penanganan Korban Asap

Bupati Siak Provinsi Riau, H Syamsuar (tengah) memimpin rapat persiapan evakuasi korban asap, Senin (26/10/2015), di Siak Sri Indrapura.

Senin, 26 Oktober 2015 18:39 WIB
Abdul HR
SIAK, POTRETNEWS.com - Bupati Siak Provinsi Riau, H Syamsuar memimpin rapat persiapan evakuasi korban asap di Ruang Pucuk Rebung, Senin (26/10/2015). Rapat ini membahas persiapan evakuasi korban asap kepada masyarakat setempat terhadap bencana dan dampak dari bahaya asap. Mengawali paparannya, Syamsuar mengutip data BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang memperkirakan hujan akan turun pada bulan November mendatang, hanya saja belum diketahui di awal bulan, pertengahan atau diakhir bulan.

Bupati Syamsuar mengatakan, meski di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Siak kebakaran hutan dan lahan bisa dikendalikan, tetapi asap kiriman masih tetap berlanjut hingga sekarang. Terjadinya hujan di beberapa kecamatan belum bisa menghilangkan kabut asap ini secara keseluruhan, sehingga bisa muncul asap lagi seperti hari ini.

”Kami mengamati dari puskesmas dan rumah sakit belum ada warga yang dirawat akibat dari asap ini. Namun demikian harus ada langkah-langkah kita dalam menangani korban asap ini. Mungkin saja ada yang sakit akibat asap ini namun merasa enggan untuk berobat ataupun warga yang tidak mampu. Mungkin saja ada warga kita di kampung-kampung yang sudah seharusnya kita lakukan evakuasi, hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama,” ujar bupati.

Tampak hadir pada pertemuan itu, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Siak, Danramil Siak Mayor Kav Suharman yang mewakili Dandim 0303 Bengkalis, Wakapolres Siak, Kasi Intel Kejari Siak Sri Indrapura, Sekda Siak H TS Hamzah, dan pejabat terkait di lingkungan pemerintah kabupaten. ***

(M Yamin Indra)
wwwwww