Ini Permintaan Kepala Daerah saat Bertemu Jokowi

Ini Permintaan Kepala Daerah saat Bertemu Jokowi

Kepala daerah menghadiri Rapat Kerja Pemerintah (RKP) dengan Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Kamis, 22 Oktober 2015 02:32 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pemerintah daerah memberikan masukkan soal deregulasi. Mayoritas, kata dia, meminta aturan soal pembangunan infrastruktur dipermudah. "Yang paling banyak diminta adalah penanganan masalah jalan karena sekarang ini memang jalan hampir sebagian besar dikelola Menteri PU melalui balai-balainya," ujar Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu, 21 Oktober 2015.

Saat ini, menurut Pramono, jalan dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Dengan demikian, jika terjadi kerusakan jalan di daerah, harus menunggu persetujuan yang cukup panjang. "Mereka minta untuk sebagian diserahkan kepada daerah," katanya.

Pramono menambahkan, Jokowi meminta ada pembagian mana saja yang diurus daerah dan pusat, atau malah diurus salah satunya saja. "Kan, sekarang ini ada tiga jalan, kabupaten, provinsi, dan nasional, sehingga sering salah interpretasi," tuturnya.

Jokowi dan Jusuf Kalla mengumpulkan para kepala daerah untuk menyelaraskan persepsi bagi pelaksanaan empat paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan dua bulan terakhir. Pertemuan dihadiri oleh 667 kepala daerah dan dibagi dalam dua sesi. Setelah itu, Jokowi mengundang para direktur utama badan usaha milik negara. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Pemerintahan
Sumber:Tempo.co
wwwwww