Home > Berita > Rohil

Perintah Bupati Rohil untuk Memperbaiki Tiang Penyangga Pelabuhan Bagansiapiapi yang Patah Dicuekin Dishubkominfo

Perintah Bupati Rohil untuk Memperbaiki Tiang Penyangga Pelabuhan Bagansiapiapi yang Patah Dicuekin Dishubkominfo

Tiang penyangga pelataran Pelabuhan Baru Bagansiapiapi yang telah patah, namun tak kunjung diperbaiki instansi terkait. (foto: potretnews.com)

Rabu, 21 Oktober 2015 04:09 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informasi Kabupaten Rokan Hilir (Dishubkominfo Rohil), Provinsi Riau, nampaknya tutup mata.Betapa tidak, meski kondisi tiang penyangga pelataran Pelabuhan Baru Bagansiapiapi telah patah dan ada juga yang mereng, namun belum ada upaya perbaikan.

Menurut Jumaris (50) warga Bagansiapiapi, melihat kondisi yang tidak stabil tersebut bisa dipastikan kapan saja pelabuhan itu bisa ambruk. Makanya dia meminta Dishubkominfo cepat bertindak. Karena jika tidak segera diambil tindakan, bisa dipastikan sesuatu hal yang tidak diinginkan pasti terjadi. "Kita minta kepada pemerintah kabupaten memalui dinas terkait segera memperbaikinya. Karena kalau dibiarkan, dalam waktu yang tidak lama tiang penyangga itu roboh," katanya, di Bagansiapiapi, Selasa (20/10/2015).

Hal senada disampikan Andi (28). Kata dia, pelabuan tersebut merupakan salah satu tempat transit masyarakat saat menggunakan jasa angkutan laut. Tidak jarang setiap hari ada saja alur pulang pergi masyarakat menggunakan jalur laut. Jadi, sudah tentu fungsi pelabuhan sangat dibutuhkan.

"Kalau tak ada pelabuhan bagaimana aktivitas masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut. Sementara semua kita sudah tau minimal setiap hari pasti ada arus pulang pergi masyarakat antarpulau dari Pelabuhan Bagansiapiapi. Kalau dibiarkan rusak dan roboh sangat merugikan masyarakat. Kita berharap pihak Dishubkoinfo cepat tanggap dan memperbaiki agar tidak lebih parah lagi rusaknya pelabuhan ini," tandasnya, secara terpisah.

Soal kondisi tiang penyangga pelabuhan yang hampir patah ini, sebenarnya Dishubkoinfo Rohil beberapa waktu pernah mendapat instruksi langsung dari Bupati Rohil H Suyatno untuk memperbaiki. Tapi sepertinya perintah orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hilir itu tak digubris. Buktinya, sampai saat ini tiang penyangga masih dibiarkan dengan kondisi seperti itu.

"Kemarin waktu pak bupati meninjau kapal bantuan untuk danlanal, beliau melihat kondisi patah tiang pelabuhan dan beliau langsung minta kepada pihak Dishubkominfo untuk segera memperbaiki. Tapi nampaknya sampai sekarang masih dalam kondisi yang sama bahkan makin rusak," kata Kabag Humas Setdakab Rohil, Hermanto. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Rohil, Umum, Pemerintahan
wwwwww