Mesin Robin Ngadat, Warga Tanjungpisang Kepulauan Meranti Padamkan Lahan Terbakar Pakai Pompa Semprot Tanaman

Mesin Robin Ngadat, Warga Tanjungpisang Kepulauan Meranti Padamkan Lahan Terbakar Pakai Pompa Semprot Tanaman

Salah seorang warga Tanjungpisang Tasikputri Puyu menggunakan hand sprayer untuk memadamkan api. (foto: goriau.com)

Selasa, 20 Oktober 2015 20:54 WIB
SELATPANJANG, POTRETNEWS.com - Saat ini sudah lebih 10 hektar kebun sagu dan belukar di Desa Tanjungpisang, Kecamatan Tasikputri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, ludes terbakar.

Sementara mesin robin milik Polsek Merbau maupun Pemcam Tasikputri Puyu tidak bisa difungsikan karena tidak tersedianya sumber air. Akhirnya masyarakat menggunakan pompa semprot untuk tanaman (hand sprayer).Kapolsek Merbau Suhartono melalui Kanit Intelkam Brigadir Sony Silalahi, Selasa (20/10/2015), menerangkan, Senin (19/10/2015) sekira pukul 18.00 WIB, Bhabinkamtibmas Desa Bandul Brigadir Deri Hendri menyampaikan bahwa telah terjadi kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Desa Tanjungpisang. Adapun lahan yang terbakar merupakan kebun rumbia (sagu, red) dan karet milik masyarakat serta semak belukar di sekitar kebun.

"Kebakaran tersebut diduga terjadi sekira pukul 15.00 WIB," ujar Sony.

Disampaikan Sony pula, mereka kewalahan memadamkan kebakaran yang luasnya sudah mencapai sekitar 10 hektar itu. Pasalnya, di lokasi kebakaran tidak tersedianya sumber air sehingga mesin robin Polsek Merbau maupun mesin robin milik Kecamatan Tasikputri Puyu tidak dapat difungsikan.

"Penyebab terjadinya karlahut ini masih dalam penyelidikan unit Intelkam dan Reskrim Polsek Merbau," kata Sony. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Lingkungan, Meranti
Sumber:GoRiau.com
wwwwww