Menteri LHK: Sedang Diinvestigasi, Kemungkinan akan Ada Sejumlah Perusahaan Lagi di Riau Bakal Dibekukan Terkait Asap

Menteri LHK: Sedang Diinvestigasi, Kemungkinan akan Ada Sejumlah Perusahaan Lagi di Riau Bakal Dibekukan Terkait Asap

MenLHK Siti Nurbaya

Minggu, 11 Oktober 2015 21:37 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) terus melakukan investigasi atas dugaan keterlibatan serta kelalaian sejumlah perusahaan di Riau sehingga menimbulkan kebakaran lahan. Tidak menutup kemungkinan, bakal ada perusahaan lain yang akan dibekukan serta dicabut izinnya terkait hal itu. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Minggu (11/10/2015) menegaskan, pihaknya sampai kini masih menjalankan proses investigasi di lapangan.

"Masih berlangsung ya, untuk memverifikasi di lapangan. Kendalanya cukup berat, mengingat medan/kondisi lahannya berat," sebut Siti seperti dikutip GoRiau.com.

Meski begitu, ia memastikan kalau prosesnya masih berlangsung sampai kini oleh tim dari KemenLHK. Ia juga memastikan, bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada perusahaan di Riau yang bakal dicabut dan dibekukan izinnya atas kelalaian sehingga menimbulkan bencana asap.

"Akan menyusul (pembekuan dan pencabutan izin), sesuai hasil investigasinya. Kalau untuk yang ditangani Polri, kami (MenLHK) tetap pada posisi mendukung penuh proses penyelidikannya. Jadi semua jurusan jalan terus ya," tegas sang Menteri Siti.

Sampai kini, KemenLHK sudah mencabut izin PT HSL dan membekukan izin PT LIH di Riau, akibat kelalaiannya.

Selain dua perusahaan itu, menurut data yang Menteri Siti, ada 22 perusahaan lainnya yang kini sedang dilakukan investigasi. Itu dibagi jadi dua kategori, yakni indikasi konsesi yang terbakar dan indikasi entitas/konsesi.

Perusahaan tersebut diantaranya PT SPM, PT SPA, PT SRL (IV), PT HSL, PT SRL, PT AA, PT RRL, PT SSL, PT RPT, PT RUJ, PT DRT, PT RAP dan PT MMJ.

Sementara indikasi entitas / konsesi antara lain PT SS, PT SDA, PT SG, PT EI, PT PU, PT GMS, PT PSA, PT SG, dan PT AIP.
(***)
Kategori : Lingkungan, Riau
Sumber:GoRiau.com
wwwwww