Home > Berita > Rohil

Bantu Tugas Polisi, Prasbara Rohil Dilatih Tanggap Bencana dan Tangani TPTKP

Bantu Tugas Polisi, Prasbara Rohil Dilatih Tanggap Bencana dan Tangani TPTKP

Ilustrasi, penggambaran posisi korban kecelakaan lalu lintas dalam suatu latihan.

Sabtu, 10 Oktober 2015 05:55 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Dalam rangka pelantikan Pramuka Satuan Karya Bhayangkara (Prasbara) Polres Rokan Hilir, Riau, menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), yang digelar selama dua hari (9-10/10/2015) ) di halaman mapolres di Ujungtanjung, Kecamatan Tanahputih dan akan dihadiri Bupati H Suyatno.

Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Subiantoro SH SIK menjawab wartawan Kasat Bimas AKP Ali Suhud, Jumat (9/10/2015) melalui sambungan telepon menjelaskan, Persami akan diisi dengan berbagai kegiatan Pramuka dan dilanjutkan dengan pelantikan Pasbara, yang dikuti perwakilan dari seluruh SMU saka (satuan karya) binaan di 15 polsek. Pelaksanaan kegiatan, kata Ali Suhud, bertujuan meningkatkan sikap disiplin, tanggung jawab serta memancing kebanggaan sebagai Saka Bhayangkara. Kemudian diberi pelatihan tentang tugas polisi secara umum antara lain ada 4 krida.

Pertama, katanya, untuk melakukan ketertiban masyarakat. Pada sesi ini seorang saka dilatih bagaimana menjaga ketertiban masyarakat. Krida kedua, Pasbara ini akan dilatih cara tertib lalu lintas. Peserta diberi materi dan praktik bagaimana seorang saka menguasai cara pengaturan lalu lintas di lapangan.

Kemudian krida ketiga, dilatih TPTKP (tindakan pertama tempat kejadian perkara). Bagaimana seorang saka menangani dan mengamankan jika ada kejadian sebelum petugas kepolisian datang. Dan, krida yang terakhir, para siswa dilatih menangani bencana alam, agar bagaimana seorang saka mahir membantu tugas kepolisian apabila ada bencana alam, kebakaran hutan dan bencana lainnya.

”Inti dari kegiatan ini, para siswa ini diberi keahlian dan punya tugas membantu kepolisian dalam menangani tugasnya secara umum,” ujarnya. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Rohil, Umum, Hukrim
wwwwww