Home > Berita > Inhu

Peringatan Kades Tak Digubris Penambang Pasir Liar, Turap Tepian Kuala Pintas Desa Danaubaru Terancam Roboh, Agus Salim: Tangkap Pelakunya!

Peringatan Kades Tak Digubris Penambang Pasir Liar, Turap Tepian Kuala Pintas Desa Danaubaru Terancam Roboh, Agus Salim: Tangkap Pelakunya!

Turap yang hampir roboh akibat maraknya penambangan pasir liar.

Jum'at, 09 Oktober 2015 05:54 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com - Setelah mengalami keretakan dan terancam roboh, turap penahan tebing tepian Kuala Pintas Desa Danaubaru, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau kian terancam.

Pasalnya, di sekitar lokasi pacu sampan tradisional tingkat Kabupaten Inhu itu banyak ditemukan aktivitas penyedotan atau penambangan pasir dan kerikil dengan menggunakan mesin sedot, sehingga dasar sungai jadi terkeruk. Menanggapi hal itu, Kepala Desa Danau Baru Agus Salim mengaku bahwa, dirinya telah memperingatkan warga untuk tidak menyedot atau menambang pasir dan kerikil disekitar arena pacu sampan itu.

"Saya sudah sering peringatkan mereka, namun tidak digubris. Bahkan, mereka berdalih bahwa mereka itu sudah membayar pajak dan mengantongi izin dari Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Inhu selaku SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait," ujar Agus Salim, Kamis (8/10/2015).

Namun, dirinya tidak pernah merasa mengeluarkan surat rekomendasi untuk pengurusan izin operasional penyedotan pasir tersebut. Dengan demikian, pihaknya berharap instansi terkait dan aparat penegak hukum untuk dapat menindak tegas dan menangkap para pelaku penambangan itu.

"Aktivitas mereka ilegal dan dinilai sudah sangat merusak lingkungan serta mengancam keberadaan turap sebagai penyangga tribun pacu sampan," tukasnya.

Pakde yang merupakan salah satu penambang, menyebutkan penambangan atau penyedotan pasir yang dilakukan mereka di lokasi itu baru berjalan 2 haari. "Di lokasi lama tak bisa lagi untuk disedot, maka dari itu kami pindah ke daerah ini," jawabnya singkat.

Berdasar pantauan di lokasi penambangan, terlihat beberapa pompong penyedot pasir atau yang dikenal dengan sebutan Pocai tengah melakukan penyedotan yang lokasinya tidak jauh dari areal pacu sampan tersebut. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Inhu, Lingkungan, Hukrim
Sumber:GoRiau.com
wwwwww