Home > Berita > Inhil

Gampang Merawat, Menguntungkan dan Bebas Hama, Pohon Rumbia Layak Dibudidayakan di Inhil

Minggu, 04 Oktober 2015 15:21 WIB
Advertorial
gampang-merawat-menguntungkan-dan-bebas-hama-pohon-rumbia-layak-dibudidayakan-di-inhilBakri H Anwar.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Tanaman pohon rumbia sebagai bahan dasar pembuatan sagu dinilai pantas menjadi tanaman budidaya lokal yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah. Sebab, selain lebih gampang menanamnya, juga tidak perlu dilakukan perawatan dan bebas hama. "Sangat menguntungkan dan memudahkan petani. Setelah ditanam, pohon rumbia tidak perlu dirawat, cukup dibiarkan dan tinggal tunggu waktu panen saja," ujar Anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Bakri H Anwar, belum lama ini.

Bakri yang menjabat Wakil Ketua Komisi I DPRD menyebut, untuk satu pohon rumbia bisa menghasilkan 10 hingga 11 tual (balok), sedangkan harga per tual saat ini mencapai Rp 25-30 ribu.

"Tanpa dilakukan perawatan, masyarakat bisa memiliki penghasilan yang lumayan untuk membantu perekonomian keluarga di samping pekerjaan pokok mereka," katanya lagi.

ā€¯Untuk sehektar tanah, bisa ditanam sekira 70 batang pohon rumbia "Dan rumbia ini seperti pisang, beranak pinak sendiri. Jadi banyak keunggulan pohon rumbia dari komoditas unggulan lainnya," papar Bakri.

Selain itu, sifat pohon rumbia yang membutuhkan persediaan air yang cukup banyak juga sangat cocok dengan kondisi geografis Inhil yang berawa-rawa.

Karena itu, Bakri, yang juga merupakan pemilik pabrik sagu di daerah Kecamatan Gaung ini berharap, pemerintah bisa memberikan perhatian lebih kepada komoditas ini.

"Apalagi di Riau, tanaman rumbia ini tidak terlalu banyak. Jika dibudidayakan dengan baik, pohon rumbia ini bisa menjadi komoditas utama Inhil disamping pohon kelapa tentunya," demikian Bakri H Anwar. (adv/dewan/suf)

Kategori : Inhil, Politik
wwwwww