Home > Berita > Rohil

Walau Cuma Potong Satu Sapi dan Seekor Kambing, Narapidana Rutan Bagansiapiapi Gembira Nikmati Daging Kurban

Walau Cuma Potong Satu Sapi dan Seekor Kambing, Narapidana Rutan Bagansiapiapi Gembira Nikmati Daging Kurban

Kepala Rumah Tahanan Negara Cabang Bagansiapiapi, Suparman.

Minggu, 27 September 2015 01:16 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Pada Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M, Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak satu sapi dan seekor kambing. ”Untuk merayakan Idul Adha kali ini, kita melaksanakan penyembelihan hewan kurban hanya satu sapi dan seekor kambing, dan itu merupakan sumbangan dari pegawai Rutan," kata Kepala Rutan Cabang Bagansiapiapi, Suparman, Sabtu (26/9/2015). Sebelum melakukan pemotongan hewan kurban, Kamis (24/9/2015) kemarin, kata Suparman, pegawai rutan yang beragama Islam melaksanakan Salat Idul Adha bersama warga binaan di lapangan rumah tahanan itu sekira pukul 07.00 WIB.

Usai dipotong, daging sapi itu dibagikan kepada pegawai dan selebihnya dimasak dan disajikan kepada seluruh warga binaan. " Semoga Allah beri keluasan rezeki serta amal ibadah kepada yang telah berkurban dan bagi warga binaan juga dapat merasakan kegembiraan Hari Raya Idul Adha," tutur Suparman.

Menjawab pertanyaan tentang penghuni rutan yang sudah over kapasitas, Suparman mengungkapkan, jika tak ada aral melintang pada tahun 2016 pemerintah (Kementerian Hukum dan HAM) akan membangun rutan baru di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko.

"Untuk pembangunan rutan yang baru kita masih menunggu pihak Kemenkumham datang ke Rohil guna meninjau lokasi pembangunannya. Menunggu dimulainya pembangunan, lahan seluas lima hektar yang disiapkan pemerintah kabupaten sudah kita manfaatkan untuk menanam padi yang dikelola oleh warga binaan," ucap Suparman sembari menyebut, saat ini jumlah narapidana Rutan Cabang Bagansiapiapi berjumlah 726 orang dan dari jumlah tersebut kasus narkoba yang terbanyak yakni 30 persen. ***

(Mario Abdillah Khair)
Kategori : Rohil, Umum
wwwwww