Home > Berita > Rohil

Salomo Ajak Kerabatnya Tetap Rukun dan Pegang Teguh Amanah Leluhur

Salomo Ajak Kerabatnya Tetap Rukun dan Pegang Teguh Amanah Leluhur

Perayaan resepsi HUT ke-36 Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, di Bagansiapiapi, baru-baru ini. (foto: potretnews.com/jaka abdillah)

Minggu, 27 September 2015 01:15 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com – Ketua Pomparan Toga Sinaga dohot Boru (PPTSB) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Salomo Sinaga mengingatkan semua unsur yang tergabung di dalam organisasi itu agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. Pesan moral tersebut disampaikan Salomo pada perayaan HUT ke-36 PPTSB, di Bagansiapiapi, belum lama ini. Dikatakan, anggota dan pengurus di yang tersebar di seluruh kecamatan agar selalu rukun, kompak dalam suka dan duka serta selalu bersama-sama melakukan yang terbaik untuk organisasi dan daerah. Pada kesempatan itu, Salomo juga menyampaikan, tidak lama lagi, tepatnya tanggal 21 sampai 24 November 2015, PPTSB seluruh Indonesia akan melaksanakan Jubelium ke-75 di Urat Pulau Samosir yang bakal dihadiri Staf Ahli Kantor Kepresidenan Republik Indonesia, pejabat Pemprov Sumatera Utara dan para tokoh-tokoh marga Sinaga dari seluruh penjuru dunia.

Pomparan Toga Sinaga, kata Salomo, tidak hanya tinggal di pelosok desa saja, namun sudah sampai ke penjuru negeri bahkan dunia. Untuk itu, jelasnya, kita harus mumpuni sesuai filosofi yang dimiliki lambang timbangan "segitiga sama kaki" yang dapat diartikan Parhatian Sibola Timbang, Parninggala Sibola Tali. Tuginjang Sora Monggal, Tu Toru Sora Meleng, Rap Martimbung Tuginjang, Rap Martollu Tu Toru, Paranak Pinajingjing, Par Boru Nipato toi.

Dalam bahasa Indonesia dia mengalihbahasakan filosofi Batak itu yang artinya, Sinaga terdiri dari 3 ompu (tiga kakek) dan 9 bersaudara yang sampai saat ini penyebutannya tetap Sinaga. Oleh karena itu harus seimbang sebagaimana dilambangkan oleh timbangan yang berada di puncak menara yang dibangun oleh leluhur kita tersebut.

Pada bagian akhir, Salomo yang ketika memberikan kata sambutan didampingi Klamer Sinaga (wakil ketua I) dan Ketua Sektor Bagansiapiapi Adin Sinaga, kembali berpesan kepada seluruh generasi penerus Sinaga supaya selalu memegang amanah yang baik.

”Dengan begitu, mudah-mudahan hubungan kekerabatan di antara semua marga Sinaga di seluruh negeri bahkan dunia tetap terjalin dengan akrab baik dan berkesinambungan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para leluhur kita,'' tuturnya. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Rohil, Umum
wwwwww