Home > Berita > Riau

Setelah Kemarin Sempat Hilang akibat Diguyur Hujan , 3 Wilayah Kembali Diselimuti Kabut Asap

Setelah Kemarin Sempat Hilang akibat Diguyur Hujan , 3 Wilayah Kembali Diselimuti Kabut Asap

Asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dalam beberapa pekan terakhir.

Selasa, 22 September 2015 22:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Titik api di sebagian wilayah Sumatera meningkat tajam, Selasa (22/9/2015) sore. Tercatat sedikitnya ada 591 titik api menyebar di enam provinsi. Sementara di Riau, kabut asap terpantau kembali menyelimuti sejumlah kota. Data yang dirangkum dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Selasa sore, satelit Terra dan Aqua mencatat ada 591 titik api. Sebarannya antara lain Kepri satu hotspot, Riau tiga hotspot, Bengkulu enam hotspot, Jambi 16 hotspot dan Lampung 33 hotspot.

"Paling banyak di Sumatera Selatan yakni 414 titik panas (hotspot) dan Bangka Belitung 119 titik panas. Untuk Riau ada tiga hotspot yang seluruhnya berada di Rohil," sebut Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin, Selasa sore.

Akibatnya, beberapa kota di antaranya Pekanbaru, Rengat dan Pelalawan kembali dilaporkan terselimuti asap. Bahkan jarak pandang hanya berkisar 400 hingga 1.500 meter. "Paling parah di Rengat dengan jarak pandang 700 meter dan di Pelalawan dengan jarak pandang 400 meter," sebutnya.

Sebab itu, Sugarin mengimbau kepada masyarakat, untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, karena dampak paparan asap dimungkinkan bisa menganggu kesehatan. "Semalam setelah diguyur hujan asap mulai menghilang, tapi sekarang muncul lagi," tukasnya.***

(Akham Sophian)
Sumber:GoRiau.com
wwwwww