PotretNews.com Selasa 19 November 2019
Home >  Berita >  Lingkungan

Bukan Hanya Malaysia dan Singapura, Asap Sumatera Sudah Selimuti Thailand

Bukan Hanya Malaysia dan Singapura, Asap Sumatera Sudah Selimuti Thailand

Asap di Kuala Lumpur Malaysia.

Minggu, 20 September 2015 14:55 WIB
.
BANGKOK, POTRETNEWS.com - Asap kiriman dari Sumatera telah menyelimuti kawasan wisata Phuket, Thailand. Otoritas Phuket mengingatkan masyarakat yang berusia lanjut, anak-anak dan orang dengan masalah pernapasan, untuk berada di dalam ruangan menyusul asap tebal yang menyelimuti. Departemen Pengawasan Polusi mengeluarkan peringatan itu hari Sabtu (19/9) pukul 06.00 menyusul hasil pengukuran kualitas udara pada Pollution Standards Index (PSI) bergerak ke angka 125, lima poin di atas level yang dianggap 'aman'.

Direktur Kesehatan Masyarakat di Phuket, Bancha Kakong, menyarankan orang tua dan anak-anak sebaiknya berada di dalam ruangan, demikian juga dengan orang yang memiliki masalah pernapasan.

"Orang-orang yang keluar rumah disarankan tidak berolah raga dan memakai masker," katanya seperti dilansir Phuketwan.com, Sabtu (19/9/2015).

Jika Singapura dan Malaysia sudah langganan mendapat kiriman asap dari Sumatera dan Kalimantan, ini merupakan kali pertama udara yang tidak sehat karena kabut asap tercatat di Phuket, Thailand.

Pada hari Sabtu, ketika PSI di Phuket tercatat 125, Singapura tercatat 161-181.  Pada Selasa (15/9) lalu, PSI di Phuket tercatat nol, angka 21 pada Rabu, 17 Kamis dan Jumat (18/9) pada angka 24.

Jika Phuket terdampak, maka kemungkinan bagian Thailand lainnya termasuk Krabi dan Phang Nga, juga  mengalami udara yang tidak sehat.

Polri telah menetapkan 140 tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan, 7 di antaranya dari korporasi. Menteri KLH Siti Nurbaya menolak bantuan dari Singapura karena masih mampu untuk mengatasi masalah.
       
        Loading...    
           
(dtc)
Kategori : Lingkungan, Riau
Sumber : detik.com
       
        Loading...    
           
www www