DPRD: Plesiran Wali Kota ke Tiongkok Melukai Hati Rakyat yang Sedang Dirundung Asap

DPRD: Plesiran Wali Kota ke Tiongkok Melukai Hati Rakyat yang Sedang Dirundung Asap

Kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru.

Kamis, 17 September 2015 09:01 WIB
.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kritikan keras dilontarkan sejumlah anggota dewan terkait pelesiran Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT ke Tiongkok di tengah kondisi darurat asap. Wakil rakyat menyebut, seharusnya wali kota lebih memilih mencari solusi ketimbang pelesiran tidak jelas. "Wali kota seharusnya sudah tahu dengan kondisi warga yang saat ini terkena bencana. Sebagai pemimpin dia harus mencari solusi untuk masyarakatnya yang terserang penyakit yang disebabkan kabut asap. Bukan malah pelesiran saat situasi darurat asap," ujar anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Said Usman Abdullah, Rabu (16/9/2015).

Di tengah kondisi darurat seperti ini, sambung Said, seharusnya wali kota Pekanbaru membuat kebijakan strategis mencari solusi kabut asap. Misalnya mengaktifkan seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru untuk melayani masyarakat 24 jam untuk menangani penyakit yang disebabkan asap.

"Saat ini, kita lihat puskesmas maupun tempat pelayanan kesehatan lainnya cepat tutup. Ini darurat lho, banyak banyak warga menjadi korban. Tugas wali kota Pekanbaru lah yang menginstruksikanya kepada puskesmas maupun dinas kesehatan," ujarnya.

Sindiran juga dilontarkan anggota DPRD Pekanbaru lainnya, Zulfan Hafis. Dia menilai kepergian wali kota Pekanbaru melancong ke luar negeri sebagai sikap yang melukai hati warga Pekanbaru.

"Kita sangat sayangkan keberangkatan wali kota ke China. Dia seharusnya hadir di tengah masyarakat untuk mencari solusi agar masyarakat tidak terkena terus menerus. Saat ini, jelas aktivitas belajar mengajar lumpuh, warga banyak terserang penyakit ISPA. Kita sedang darurat sekarang. Ini malah pemimpinnya meninggalkan warganya," ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru, Zulfan Hafiz.

(okz)
Sumber:okezone.com
wwwwww