Home > Berita > Rohil

Bangun Mesjid agar Warga Desa Darusalam Nyaman Beribadah, Bupati Rohil: Setelah Ini Kita Perbaiki Jalan dan Sarana Air Bersih

Kamis, 17 September 2015 22:13 WIB
Jaka Abdillah
"Kami segera berangkat ke Malaysia untuk menemui Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Haji Mohammad Najib bin Tun Haji Razak di Kuala Lumpur, Malaysia, serta pimpinan Bomba dan Penyelamat Malaysia," kata Jayus, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kesehatan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Riau di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, kunjungan tersebut perlu dilakukan terkait adanya pernyataan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (18/9) saat meninjau Riau, dan mempersilahkan negara tetangga untuk memberikan bantuan pemadaman asap.

Atas pernyataan Wapres JK itu, katanya, kami berinisiatif mencari bantuan ke Malaysia agar pemerintah negara jiran itu bersedia menurunkan pasukan Bomba memadamkan api sebagai satu misi kemanusiaan.

"Oleh karena itu delegasi pemuda Muhammadiyah Riau sebanyak tiga orang menjadwalkan pemberangkatan pada Kamis, atau 1 Oktober 2015 melalui Sumbar, karena asap masih tebal menyelimuti daerah ini mengakibatkan banyaknya penerbangan dibatalkan," katanya dan menambahkan di Padang, Sumbar juga bakal digelar konferensi pers untuk misi kemanusiaan ini.

Konferensi pers serupa, katanya lagi, juga bakal digelar pada sejumlah media nasional Malaysia dan mengunjungi kantor berita negara Malaysia, yakni Bernama.

Kegiatan ini, katanya, sebagai bentuk kepedulian Pemuda Muhammdiyah dan ikhtiar yang bisa dilakukan dalam menekan asap di Riau juga untuk menekan korban terpapar akibat asap yang masuk tahun ke-18 ini.

"Kunjungan tersebut diharapakan mendapat respon positif dari PM Malaysia untuk segera menerjunkan pasaukan Bomba guna memperkuat hubungan bilateral dan meningkatkan kualitas pergaulan internasional," katanya didampingi Wakil Ketua PP Muhammidyah Bidang Organisasi Infa Wilindaya dan Anggota Anshari Abdullah.

Bantuan pemadaman api diharapkan karena Bomba memiliki peralatan dan tekhnologi pemadaman kebakaran yang canggih serta dilengkapi dengan tenaga-tenaga pemadam kebakarana yang terampil.
(Mario A Khair)
wwwwww