Home > Berita > Rohil

Meski Nihil Kebakaran Hutan, Dishut Rohil Tetap Pantau Titik Api Lewat Udara

Meski Nihil Kebakaran Hutan, Dishut Rohil Tetap Pantau Titik Api Lewat Udara

Meski nihil kebakaran hutan, Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir, Riau, tetap memantau titik api dari udara dan darat.

Selasa, 15 September 2015 22:09 WIB
Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau telah memprogramkan pemantauan wilayah hutan di wilayah itu melalui udara. Pemantauan secara rutin dimaksudkan untuk mengantisipasi kasus kebakaran hutan. "Itulah salah satu upaya kita mengantisipasi karhutla lewat udara dan darat. Selain itu, ketegasan dari petugas kepolisian dapat mengurangi kebakaran hutan yang sering terjadi setiap tahunya," kata Kadishut Rohil Rahmatul Zamri, dikonfirmasi, Selasa (15/9/2015). Rahmatul mengatakan, musim kemarau ekstrem membuat areal hutan menjadi kering, Faktor ini memicu kebakaran hutan, selain pembukaan lahan baru yang dilakukan dengan cara membakar.

"Kalau lahan perkebunan perusahaan sudah kita cek semua, mereka sudah siap personel, alat, SDM untuk mengantisipasi karhutla. Jadi kuat dugaan kebakaran ini dari yang baru membuka lahan. Kalau yang sudah jadi kebun kemungkinan kecil," tuturnya.

Dia berharap dengan program pemantauan secara rutin bersama instansi terkait dengan melibatkan pihak perusahaan, ke depan karhutla dapat diminimalisir khususnya di Kabupaten Rohil.

Hotspot 1 Titik
Informasi yang diperoleh dari kadis, per 15 September 2015, tercatat satu titik api di kabupaten itu tepatnya di Kecamatan Tanahputih. Namun, karhutla dapat dikendalikan bersama dengan tim relawan dan pihak kecamatan.

"Kualitas udara di Kota Bagansiapiapi sudah normal, apalagi hujan sudah turun semalaman membuat jarak pandang kembali cerah," demikian Rahmatul Zamri.***

wwwwww